Empat Cara Mengobati Sakit Hati Munurut Ajaran Islam

Sesama manusia, seringkali kita merasa iri terhadap kebahagiaan orang lain. Hal ini dipicu oleh hal-hal yang tak disenangi atau merasa tak sanggup mendapatkan sesuatu yang membahagiakan seperti mereka. Namun didalam islam sifat yang seperti itu tidak dibolehkan sebab dapat membuat seseorang merasa sakit hati berkepanjangan. 
Empat Cara Mengobati Sakit Hati Munurut Ajaran Islam


Satu hal ini memang sangat sulit untuk dihindari, banyak dari orang yang terjerumus dalam sifat ini. Bahkan orang yang cerdas sekalipun terkadang sangat sulit untuk mengusir rasa sakit hati. Biasanya hal ini dipicu oleh kemarahan yang sangat mendalam terhadap seseorang, sehingga diri kita tidak bisa mengontrol dan kemudian terjadilah rasa sakit hati.

Al-Quran selalu mengajarkan manusia untuk pandai mengolah hati, supaya terhindar dari penyakit hati. “Dan jika kamu membalas, balaslah dengan (balasan) yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu, Tetapi, jika kamu bersabar, sesungguhnya itu lebih baik bagi orang yang sabar” (An Nahl ayat 16).

Nah ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar penyakit hati terobati. Bagaimana caranya? Yuk simak empat cara mengobati sakit hati menurut ajaran islam.  Berikut ulasannya :

1. Kita harus mulai menanamkan pada diri sendiri jika perlakuan menyakiti hati dan badan seseorang itu merupakan suatu kesalahan dan dosa.
Tanamkanlah dalam diri anda bahwa rasa sakit hati hanya akan membuatmu hidup dalam kesengsaraan dan kegalauan. Jika anda sendiri sudah memotivasi dan mengingatkan diri sendiri maka sebisa mungkin anda bisa mengendalikan emosi dan menghindari yang namanya sakit hati. Sebab jika rasa sakit hati dipendam berkepanjangan tidak akan baik untuk diri kita sendiri. Semua hal buruk yang kita lakukan akan kembali pada diri kita sendiri.

2. Jangan membalas perlakuan buruk dengan perlakuan lebih buruk.
Sakit hati bisa membawa seseorang pada kedendaman, bahkan bisaturun temurun sampai ke anak cucu. Hal inilah yang harus dihindari, ada baiknya jangan membalas perlakuan buruk dengan perlakuan lebih buruk. Karena semua akan kembali pada diri kita.

3. Belajar memaafkan.
Memaafkan memang bukan hal yang mudah, butuh waktu untuk bisa menerimanya. Namun jika kita bisa legowo dan selalu menerima kesalahan orang lain maka akan kia dapatkan sifat pemaaf. Seberapa besar orang lain memberikan hal buruk kepada kita, semakin besar pula sifat sabar yang harus kita kumpulkan.  Dengan begitu biarkn Allah yang membalas semua perbuatan buruk oranglain kepada kita.

4. Perbanyak Dzikir.
Zikir adalah salah satu obat penyakit hati yang sangat ampuh. Jika memiliki rasa sakit hati maka cobalah untuk selalu beristighfar dengan menyebut nama Allah. Sebab dengan hal itulah yang bisa membuat hati menjadi tenang dan kemarahan pun menjadi padam. Gelapnya hati karena rasa penyakit hati yang sangat dalam, tapi jika dilawan dengan menyebut nama Allah maka hati akan mendapatkan petunjuk dan mendapatkan kebesaran hati yang luar biasa.

“Tidaklah sekelompok orang yang duduk dan berdzikir pada Allah, melainkan akan dikelilingi para malaikat, mendapatkan limpahkan rahmat, diberikan ketenangan hati dan Allah akan memuji mereka pada orang yang ada didekatnya” (HR. Muslim).

Itulah empat cara mengobati sakit hati menurut ajaran islam. Sebagai muslim kita harus pandai-pandai berbesar hati, menerima kesalahan oranglain dan selalu pandai mengolah hati adalah orang-orang yang akan mendapatkan kesejahteraan dan kebahagiaan. Semoga bermanfaat.



Halaman Berikutnya
loading...

0 Response to "Empat Cara Mengobati Sakit Hati Munurut Ajaran Islam"

Post a Comment