Lima Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan

Setiap manusia yang hidup pasti membutuhkan istirahat, dengan segala aktivitas sehari-hari mereka kerjakan tentu sangat menguras tenaga dan memberikan efek lelah bagi tubuh mereka. Maka dari itu manusia harus tidur untuk mengumpulkan kembali semangat dan energi mereka. Disarankan untuk anda agar selalu rutin tidur siang.
 
Lima Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan


Tidur siang merupakan sunnah Rosulullah, namun bukan hanya baik jika kita ikuti tapi juga banyak memberi manfaat bagi tubuh kita. Tidak percaya kalau tidur siang bisa memberikan manfaat sehat untuk anda? yuk simak lima manfaat tidur siang untuk kesehatan anda berikut ulasannya :

1. Meningkatkan daya ingat
Sebuah penelitian menemukan bahwa tidur siang selama 45 menit bisa membantu meningkatkan daya ingat. Peningkatan ini terjadi dalam fase slow-wave sleep atau tidur gelombang pendek sebagaimana biasa terjadi saat tidur siang. Sebab itulah mengapa anda disarakan untuk meluangkan waktu selalma 30 menit untuk tidur siang.

Dengan tidur siang daya ingat anda akan terus tajam dan sangat mudah bagi otak anda menyerap semua pelajaran dan ilmu-ilmu lainnya.

2. Menurunkan tekanan darah & meningkatkan produktivitas
Bukan hanya menambah daya ingat, tapi tidur siang juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan produktivitas. Sebab tidur siang dapat melindungi otak dari pengolahan informasi yang terjadi secara berlebihan dan membantu mengkonsolidasikan informasi yang baru dipelajari.

Selain itu dengan tidur siang anda juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi anda. jika anda mempunyai riwayat darah tinggi cobalah untuk rutin tidur siang. Karena sangat bermanfaat untuk kesehatan anda.

3. Mengobati insomnia
Tidur siang sangat bermafaat untuk kesehata, terutama mengobati insomnia. Penelitian telah menemukan bahwa orang yang tidur siang selama 15 menit merasa lebih waspada dan kurang mengantuk, bahkan ketika malam hari sebelumnya kurang tidur.
Jadi bagi anda yang kurang tidur dimalam hari, cobalah untuk meluangkan waktu untuk tidur siang. Hal ini agar tubuhmu tetap sehat dan bugar kembali.

4. Menurunkan stres
Sering stres? Jangan risau, atasi stres anda dengan cara tidur siang. Luangkan waktu selama 30 menit untuk mendapatkan tidur yang berkualitas pada siang hari. Dengan begitu stres anda hilang dan pikiran anda pun menjadi segar kembali.

Sebuah penelitian di Jerman menemukan bahwa ketika sekelompok pilot tidur kurang dari 7 jam semalam sebelum bertugas, kadar kortisolnya meningkat secara signifikan dan bertahan selama 2 hari. Namun ketika berhasil tidur siang barang sebentar, kadar kortisol berkurang separuhnya.

5. Mencegah penyakit jantung
Tahukah anda bahwa tidur siang dapat mencegah penyakit jantung? Peneliti menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang 30 menit selama 3 kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 37 persen. Menurut penelitian ini, tidur siang yang sehat sebaiknya dilakukan antara pukul 1-3 siang selama tak lebih dari 45 menit.

Tapi jangan berlebihan ya girl, sebab jika anda terlalu lama tidur siang maka akan membuat kepala anda lebih terasa berat dan bahkan serigkali menimbulkan rasa pusing.

Nah itulah lima manfaat tidur siang untuk kesehatan. Jika anda sudah merasa lelah dalam beraktivitas maka cobalah untuk menghentikan aktivitas anda. dan mulailah untuk tidur siang selama 30 menit, rasakan sensasi sehatnya untuk tubuh anda. semmoga bermanfaat.



Halaman Berikutnya
loading...

0 Response to "Lima Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan"

Post a Comment