6 Tradisi Khas Yang Selalu Ada Saat 17 Agustus

17 agustus 1945 adalah hari dimana indonesia memperoleh kemerdekaan. Dengan itu maka rakyat indonesia selalu mengingat disetiap tahunnya. Untuk memperingati hari kemerdekaan ini biasanya rakyat indonesia selalu  melakukan tradisi untuk memeriahkan acara 17 agutus ini. Tak terasa ternyata sudah mencapai 70 tahun negara indonesia ini mencapai kemerdekaan.

perayaan 17 Agustus

Sejarah ini tidak akan pernah terlupakan dan terlewatkan karena moment ini sangat bersejarah. seminggu sebelum 17-an banyak orang yang memberikan isyarat dengan berbagai pernak-pernik bahwa sebentar lagi akan ada peringatan tentang hari kemerdekaan indonesia. Jadi sanggat banyak sekali acara yang akan digelar pada hari itu, inilah 6 tradisi khas yang sering dilakukan rakyat Indonesia di detik-detik hari kemerdekaan :

1. Pedagang bendera di pinggir jalan
Detik-detik ini adalah hari yang paling ditunggu-tuggu oleh warga indonesia, jadi tidak salah jika seminggu sebelum moment itu dimulai banyak sekali pedagang bendera yang menjual bendera merah putih dipinggir jalan. Bukan hanya dipinggir jalan tapi pedagang juga memenuhi gapura kampung, gedung-gedung pemerintah untuk menjual dagangan mereka.

Maklum pedagang musiman ini juga ingin meraup rupiah dengan cara menjual bendera merah putih dan umbul-umbul. Jadi moment ini akan sangat banyak sekali bendera merah putih berkibar.

2. Lomba-lomba
Biasanya tradisi 17 agustus ini tidak akan lengkap jika tidak mengadakan perlombaan-perlombaan. Jadi rakyat indoseia akan mengadakan perlombaan dikampung-kampung dan disekolah-sekolah. Lomba-lomba tersebut adalah lompat karung,tarik tambang,panjat pinang,lomba lari dan masih banyak lagi perlombaan lainnya yang akan digelar.

Bukan hanya sekedar mengikuti lomba tetapi para panitia juga akan menyiapkan berbagai hadiah bagi para pemenang. Walaupun hadiahnya tak seberapa yang penting dihari kemerdekaan itu kita sudah menjalankan moment kebersamaan dan memperingati bahwa taggal tersebut penuh dengan sejarah.

3. Renungan suci
Renungan suci juga menjadi salah satu tradisi khas yang dilakukan pada malam menjelang 17 agustus. Hal ini diadakan untuk mengenang para pejuang yang sudah bersusah payah berperag demi memerdekakan indonesia. Namun biasanya tradisi ini hanya dihadiri oleh kalangan militer saja.

4. Upacara bendera
Tradisi ini setiap hari senin pun memang diharuskan untuk dilaksanakan, bukan hanya negara indonesia tetapi negara lain juga akan melaksanakan hal serupa. Namun upacara bendera pada 17 agustus ini adalah sangat spesial. Karena bukan hanya sekolah dan institusi pemerintah saja yang meaksanakan tapi hampir setiap kantor swasta mengadakan upacara bendera ini. Dan yang paling menariknya upacara kenegarawan bendera 17-an ini yang diiringi dengan penampilan pasibraka dan merching band bisa langsung dinikmati ditelevisi.

5. Selamatan kampung
Selamatan kampung biasanya ikut menandai kemeriahan peringatan hari kemerdekaan. Biasanya warga kampung atau desa menyiapkan makanan dan berkumpul untuk merayakan. Makanan yang menjadi primadona biasanya adalah nasi tumpeng.

6. Karnaval
Sebelum 17 agustus biasanya sekolah-sekolah mengadakan karnaval, dengan memakai berbagai balutan busana unik dan lucu membuat hari kemerdekaan ini menjadi meriah. Bukan hanya sekolah-sekolah yang mengadakan karnaval, biasanya pemerintah kota juga ikut mengadakan karnaval yang lebih meriah dari pada anak sekolah.

Nah itulah 6 tradisi yang paling kahs yang selalu dipersiapkan oleh warga indonesia.




Halaman Berikutnya
loading...

0 Response to "6 Tradisi Khas Yang Selalu Ada Saat 17 Agustus"

Post a Comment