9 Kebiasaan Ini Membuat Anda Selalu Terjerat Utang

Berhutang adalah musuh terberat dalam hidup. Pasalnya hutang hanya akan menjerumuskan kita pada persoalan yang rumit, awalnya dari hutang yang sedikit lama-lama ya jadi bukit. Kalau sudah seperti itu pasti jeratan hutang anda ada dimana-mana dan hal tersebut membuat anda terjerat hutang sepanjang hidup. Aduh mulai galau tuh.

Tenang bro, bukan hanya anda kok yang merasakan terjerat hutang. Tapi di Amerika Serikat juga mengalami hal yang sama seperti anda bahkan sudah mencapai 13% dari penduduk nya terjerat oleh hutang. Ada yang optimis bisa melunasi hutangnya, namun harus menunggu usia yang sudah cukup tua untuk merasakan kebebasan.

kebiasaan yang membuat Anda selalu berhutang

Inilah 9 kebiasaan yang seringkali menjerumuskan anda kedalam jeratan hutang. Berikut ulasanya :

1. Anda tak tahu berutang berapa
Jeff Ross seorang penasihat keuangan dan pemilik blog Good Financial Cent mengaku sering kali klien barunya yang berjuang melunasi utang justru tak tahu berapa jumlah tunggakan yang dimiliki. Dengan hal itu membuat klien nya harus terjerat hutang selama hidupnya. Perhatikanlah ketika anda hendak berhutang, jika perlu anda harus membuat catatan sendiri agar anda lebih mudah mengetahui berapa besar hutang anda sehingga anda akan lebih diingatkan oleh catatan anda.

2. Hanya bayar tagihan minimum
Perhatikan hal ini, jika anda membayar tagihan atau berbelanja menggunakan kartu kredit jangan hanya membayar tagihan minimum nya saja. Sebab kebiasaan ini akan memakan waktu lama untuk melunasinya ditambah lagi dengan bunga yang selalu bertambah membuat hutang anda akan menggunung sehingga membuat anda terjerat hutang yang besar.

3. Cicilan KPR terlampau ketinggian
Cicilan KPR yang ketinggian membuat anda terlilit hutang. Oleh karena itu disarankan bagi anda jia tidak sanggup untuk membayar cicilan rumah yang kelewat tinggi mending cari rumah yang lebih murah saja. Karena hal tersebut akan lebih menyenangkan anda ketimbang anda harus bermain-main dalam hutang.

4. Tak mampu menolak keinginan anak
Membelikan sesuatu untuk anak itu memang dianjurkan tetapi harus anda lihat dari mana anda bisa membelikan hadiah atau kado untuk anak itu. Sebab Leslie J Tayne, pengacara khusus pengutang mengatakan banyak kliennya berakhir di jurang utang karena terlalu banyak membeli hadiah untuk anak yang sebetulnya mereka tak sanggup membayarnya.
Kan terlihat miris jika anda terlilit hutang akibat terus membelikan kado untuk anak diatas harga rata-rata. Sama saja bunuh diri itu, ups.

5. Tak punya dana darurat
Kebutuhan rumah tangga yang mutlak setiap harinya membuat seseorang harus memiliki finansial yang cukup. Belum lagi mendadak harus perbaiki rumah nya lah dan mungkin bisa saja secara tiba-tiba di PHK dari kantor. Nah hal inilah yang akan membuat kacau hidup anda. Ditambah lagi secara tiba-tiba anda diserang oleh suatu penyakit yang mengharuskn anda dirawat tetapi anda tidak memiliki dana darurat dan anda mencoba berhutang. Aduh, mending jangan deh karena hanya akan menyeret anda pada lilitan hutang.

6. Anda merasa berhak atas sesuatu
Dengan keberhasilan diri yang anda dapatkan disuatu pekerjaan membuat anda merasa berhak atas sesuatu. Dengan itu anda akan merayakan hal itu dengan cara membeli sesuatu dengan menggunakan kartu kredit. Padahal anda tahu bahwa uang anda tak cukup untuk membelinya. Ya, mending gak usah dibiasakan deh, karena tagihan kartu kredit anda aka numpuk dan anda akan kesulitan dalam membayar. Mencapai keberhasilan bukannya dapat untung malah buntung.

7. Kredit mobil terlalu lama
Sebelum anda meyakinkan diri anda untuk mengkredit mobil sebaiknya anda pikirkan dulu berapa harga cicilan yang harus anda bayar dan berapa lama cicilan tersebut berlangsung. Karena jika hal ini tidak anda hitung terlebih dahulu maka bagus sekali peluang hutang yang akan menjerat anda nantinya. Seorang penasihat konsumer Ron Montaya mengatakan semakin lama jangka waktu pinjaman akan semakin besar bunga yang harus dibayarkan. So, hati-hati dengan ulah anda sendiri.

8. Telat membayar tagihan
Jika anda pernah melakukan hal ini, mending jangan dilakukan lagi deh karena membayar denda tunggakan itu tidak semurah yang dibayangan dan denda tersebut bisa naik dalam waktu singkat. Tentu hal ini akan menguras dompet anda jika anda terus telat membayar tagihan.

9. Bunga kartu kredit ketinggian
Makin besar bunga tagihan kredit, semakin sulit Anda melunasi hutang yang dimiliki. Nah loh hati-hati dengan kebiasaan ini. Karena hal inilah yang akan menghantarkan anda pada jurang hutang.

Itulah 9 kebiasaan yang bisa membuat anda terjerat hutang yan mematikan. Sebab and tidak bisa mengendalikan nafsu anda sehingga anda dengan mudah nya menghamburkan uang tanpa perhitugan. Sudah tahu kan alasan yang sulit anda ketahui mengapa anda terjerat oleh hutang? Dari hal kecil yang anda lakukan malah ternyata besar dampaknya bagi anda. Semoga bermanfaat.




Halaman Berikutnya
loading...

0 Response to "9 Kebiasaan Ini Membuat Anda Selalu Terjerat Utang"

Post a Comment