8 Fakta Unik Mengenai Sabun Yang Jarang Diketahui

loading...
Siapa yang tak kenal dengan sabun ? saya rasa setiap orang pasti mengetahui  benda yang satu ini karena tak bisa dipungkiri bahwa hampir setiap hari kita menggunakan sabun untuk membersihkan tubuh dari kuman. Bahkan tidak hanya itu, sabun juga tersedia dengan berbagai macam kegunaan seperti  untuk mencuci pakaian, piring dan lainnya.

fakta unik mengenai sabun

Nah, berbicara mengenai sabun ternyata ada 8 fakta unik yang mungkin jarang diketahui oleh kebanyakan orang mengenai sabun ini. Penasaran ? yuk simak tulisan dibawah ini.

Fakta 1
Ketika lemak atau minyak yang mengandung asam lemak dikombinasikan dengan alkali kuat maka alkali akan membagi lemak atau minyak tadi menjadi asam lemak dan gliserin. Setelah itu, natrium atau kalium bagian dari alkali akan bergabung dengan asam lemak dan membentuk gumpalan di permukaan. Jadi proses inilah yang akan membentuk sabun. Nah sabun yang sering anda pakai saat ini adalah ssalah satu sabun yang berbahankan asam lemak yang dicampur dengan alkali.

Fakta 2
Fakta berikutnya sabun yang pertama kali dibuat pada tahun 2800 SM hal ini dalam sejarah masa babilonia kuno. Dan harus anda tahu bahwa sabun ini dulunya terbuat dari campuran abu kayu dan lemak hewan yang direbus. Wow, sangat mengejutkan sekali yah.

Fakta 3
Fakta selanjutnya dari prancis yaitu antara tahun 1450 sampai 1500 an. Dan pada tahun 1200 produksi sabun ini mulai diminati ditimur tengah. Wah ternyata sabun ini sudah lama sekali diproduksi dan ada.

Fakta 4
Sabun anti bakteri ternyata membahayakan, apa iya? Sebuah penelitian mengatakan bahwa sabun anti bakteri itu berpotensi membahayakan untuk kesehatan. pasalnya triclosan adalah bahan pembuat sabun ternyata bahan anti bakteri yang bisa meningkatkan sistem imun bakteri penyebab penyakit. Bahan ini pun dapat menyebabkan zat yang berbahaya yang bisa mencemari lingkungan. Namun kebanyakan dari orang tidak megetahui hal ini, yang mereka tahu bahwa sabun ini adalah sabun yang aman bagi tubuh dan menghindari bakteri-bakteri didalam tubuh.

Fakta 5
Untuk anda yang suka memakai sabun batangan maka gantilah menggunakan sabun cair. Karena sabun batangan ini lebih banyak mengandung bakteri dalam jumlah yang sangat besar. Jika sabun ini diletakkan secara terbuka dipakai banyak orang maka potensi bakteri akan sangat banyak bersarang didalam sabun.

Fakta 6
Sabun batangan dan deterjen populer karena sering mensponsori sinetron-sinetron bertema melodrama. Hal ini yng dulunya disebut dengan opera sabun, begitu faktanya.

Fakta 7
Sabun eksklusif yang terbuat dari debu emas murni, minyak zaitun, butiran berlian, dan madu murni. Sabun ini dibanderol sekitar $ 2.800 untuk satu batang berukuran 160 gram. Mau tahu siapa produsen sabun ini? Dia adalah The Bader Hassoun and Sons Soap dari Lebanon. Nah dialah orang satu-satunya sebagai produsen termahal didunia.

Fakta 8
Fakta terakhir sabun kecantikan yang populer dari china yaitu sabun yang terbuat dari ASI atau Air Susu Ibu.  Jadi pada saat itu untuk memproduksi sabun ini biasanya mereka membayar ibu-ibu yang menyusui . dan sabun yang terbuat dari ASI ini dipercaya bisa melembutkan ,mencerahkan, dan menyehatkan kulit orang. Tidak heran jika pada saat itu sabun tersebut sangat populer.

Nah itulah 8 fakta unik mengenai sabun yang mungkin jarang diketahui oleh sebagian orang. So, mudah-mudahan menambah wawasan kita.

loading...


Halaman Berikutnya

1 Response to "8 Fakta Unik Mengenai Sabun Yang Jarang Diketahui"

  1. mantappp-
    http://terapijaritangan.blogspot.com/2015/05/minuman-ph-basa-detoks-alami-untuk-tubuh.html

    ReplyDelete