Ingin Pintar ? Lakukan 6 Kebiasaan Sederhana Ini

Siapa sih yang tak ingin menjadi pintar ? saya rasa semua orang menginginkan hal tersebut. Sebenarnya semua orang berpotensi untuk menjadi pintar tetapi kebanyakan dari mereka tidak menyadari hal tersebut dan lebih memilih untuk bermalas-malasan daripada harus mengasah kemampuan otak maupun bakat mereka dan pada akhirnya tentu saja orang yang malas-malasan tersebut akan ketinggalan jauh oleh orang yang rajin.

Nah, untuk menjadi pintar ternyata tidaklah sesulit yang sering anda bayangkan tetapi cukup melakukan kebiasaan-kebiasaan sederhana dibawah ini karena ada pepatah pernah mengatakan bahwa “bisa ala biasa”. Penasaran apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut ? yuk langsung kita simak 6 kebiasaan sederhana yang bisa membuat anda bertambah pintar. 

Kebiasaan Sederhana yang Membuat Pintar;

1. Pikirkan 10 Ide Baru Setiap Hari
Kebiasaan pertama yang bisa membuat anda bertambah pintar adalah memikirkan 10 ide baru setiap hari. Mengapa harus memikirkan ide ? ya, dengan begitu tanpa disadari anda telah melatih otot-otot otak sehingga otak anda akan terus terasah dan tidak tumpul. Kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi dimasa yang akan datang, jadi siapa tau ide-ide yang anda pikirkan setiap hari suatu saat nanti bisa mengubah hidup anda.

2. Membaca Koran
Koran merupakan surat kabar harian yang memuat peristiwa-peristiwa terbaru setiap hari sehingga dengan membaca anda bisa memperluas wawasan. Walaupun hal ini terlihat sederahana tetapi sangat bermanfaat karena kita selalu mengetahui berita terbaru baik itu didalam maupun luar negeri. Nah, bagi anda yang malas untuk membeli koran maka bisa menggunakan gadget yang terkoneksi dengan internet dan kemudian tinggal buka situs portal berita maka semua informasi akan anda dapatkan.

3. Membuat Opini Yang Berbeda
Setiap orang mempunyai pikiran dan pendapat masing-masing sehingga anda tidak perlu takut untuk membuat opini yang berbeda dan tidak sama dengan pandangan orang pada umumnya. Hal ini akan memaksa sekaligus melatih otot-otot otak kita untuk bekerja lebih keras sehingga akan terus terlatih dan tidak tumpul. Selain itu mempunyai opini yang berbeda dari orang lain juga bagus untuk melatih mental anda agar selalu berpikiran terbuka dan menerima tentang pendapat orang lain.

4. Membaca Minimal 1 Bab Sehari
Tidak bisa dipungkiri bahwa membaca merupakan salah satu cara agar kita menjadi pintar, walaupun anda tidak bisa membaca satu buku didalam sehari tetapi setidaknya bacalah buku minimal 1 bab dalam sehari. Menurut penelitian, membaca bisa menyenangkan otak kita dan membantu meningkatkan kemampuan keahlian kognitif sekaligus memperbanyak perbendaharaan kosa kata kita. Untuk itu jangan lupa membaca buku walau 1 bab sehari agar otak selalu terasah dan tidak tumpul.

5. Berbagi Ilmu Yang Didapat
Jangan simpan sendiri ilmu yang telah kita dapat tetapi berbagilah dan ajarkan kepada orang lain. Mengajari ilmu kepada orang lain bukan berarti membuat kita semakin bodoh tetapi malah sebaliknya hal ini akan membuat kita bertambah menjadi pintar. Ingatan anda akan semakin kuat sehingga anda tidak akan lupa, bahkan ilmu anda cenderung bertambah setiap hari. So, jangan pelit berbagi ilmu.

6. Bergaul Dengan Orang Pintar
Seperti kata pepatah “bergaul dengan penjual minyak wangi maka kita akan ikut wangi”. Nah hal ini memang benar, bergaulah dengan orang pintar maka tanpa disadari anda akan tertular energi positif dari orang tersebut sehingga berdampak bagi bagi diri kita sendiri. Biasanya orang-orang pintar tidak sungkan untuk mengajari temannya sehingga secara tidak langsung anda bakal banyak diajari oleh teman-teman anda yang pintar.

Itulah 6 kebiasaan sederhana yang bisa membuat anda menjadi pintar. Bagaimana sederhana bukan ? jika ini sederhana kenapa masih banyak orang yang tidak pintar ? jawabannya adalah tergantung diri kita sendiri mau atau tidak menjadi pintar, jika iya maka jangan bermalas-malasan teruslah belajar. (Baca Juga : 10 Olahraga Otak Yang Bisa Membuat Anda Menjadi Pintar )


Halaman Berikutnya

3 Responses to "Ingin Pintar ? Lakukan 6 Kebiasaan Sederhana Ini"

  1. ...sangat bermanfaat, setuju ide besar ini...

    ReplyDelete
  2. buat yg mau pesan Kue Kering untuk hari raya / untuk penganannya, atau pesan Cake Celebrations, Snack Box, Rice Box, Cupcakes dll bisa langsung hubungi kami, di akun : Fb kami, atau bisa juga melalui www.sfcookiesandcakes.blogspot.com
    Kami juga memberi kesempatan bagi anda yang ingin menjadi mitra kami,
    thank you ..

    SF Cookies and Cakes ,
    melayani dengan Ketulusan..
    ^_^

    ReplyDelete