10 Olahraga Otak Yang Wajib Anda Coba

loading...
Otak merupakan organ yang sangat vital bagi manusia karena disanalah pusatnya sistem saraf yang mengatur seluruh badan dan pemikiran manusia sehingga kita harus benar-benar menjaga kesehatan otak dengan cara menerapkan pola makan dan hidup yang sehat. Apabila kesehatan otak anda terganggu sedikit saja maka pengaruhnya akan sangat terasa pada bagian tubuh lainnya sehingga jangan pernah sepelekan apalagi melupakan kesehatan otak.

Nah, untuk menjaga kesehatan otak ini ternyata cukup mudah namun tidak banyak orang yang mengetahui cara ini. Ya, selain menjalani pola makan dan hidup yang sehat, anda juga bisa mencoba 10 olahraga otak dibawah ini agar tidak hanya sehat tetapi juga akan membuat anda menjadi tambah pintar. Penasaran ? yuk langsung kita simak aja tulisan dibawah ini.

olahraga otak

1. Membiasakan aktif menjadi kidal (aktif tangan kiri) dan juga kanan
Biasanya kebanyakan orang Indonesia sangat dominan menggunakan tangan kanan dan sangat jarang menggunakan tangan kiri mereka. Nah, pada kali ini anda bisa mencoba sesuatu hal yang baru yaitu membiasakan diri untuk mengaktifkan tangan kiri maupun kanan. Menurut Franklin Institute, jenis latihan ini dapat memperkuat hubungan saraf yang ada dan bahkan membentuk saraf baru.

2. Membaca
Apakah anda suka membaca ? jika tidak maka saat ini mulailah membaca karena hal ini akan membuat otak anda menjadi sehat dan bisa mencegah timbulnya demensia. Biasakanlah untuk membaca walaupun hanya 1 bab dalam sehari karena ini akan melatih otot-otot otak sehingga selain menyehatkan juga bisa membuat anda bertambah pintar. Menurut studi Dr Nikolaos Scarmeas padaa tahun 2001, membaca dapat membantu membangun ‘cadangan kognitif’ untuk menunda timbulnya demensia.

3. Bermain puzzle atau teka-teki silang
Puzzle merupakan permainan yang sangat mengasyikan karena selain bisa dijadikan untuk hiburan mengisi waktu senggang, bermain puzzle seperti mengisi teka-teki silang, Sudoku dan jenis puzzle lainnya bisa membuat anda otak anda menjadi sehat terutama otak kiri. Menurut pusat pelatihan kognitif LearningRx, tambahkan strategi baru untuk mengefektifkan latihan otak, misalnya memecahkan teka-teki silang dengan tema yang tidak biasa.

4. Bermain permainan strategi
Kali ini lagi-lagi kita diajak bermain yaitu tepatnya memainkan permainan strategi seperti catur, monopoli maupun game computer ternyata sangat bagus dijadikan sebagai olahraga otak karena selain menyehatkan, hal ini akan membuat anda bisa lebih berpikir kreatif.

5. Ubah rutinitas
Apakah hidup anda terasa monoton ? jika iya maka secepat mungkin ubahlah rutinitas anda agar hidup anda terasa berwarna dan bisa memberi semangat baru sehingga anda akan lebih optimis. Menurut Lawrence Katz, profesor Neurobiologi di Duke University Medical Center, mengubah rutinitas dan cara-cara hidup baru dapat mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya tidak aktif.

6. Belajar bahasa asing
Pada zaman sekarang kita harus dituntut untuk menguasai bahasa asing agar bisa bersaing di dunia internasional. Nah, selain memiliki manfaat bagi kita sendiri, belajar hingga menguasai bahasa asing ternyata bagus juga untuk kesehatan otak anda karena secara tidak sadar kita telah mengaktifkan bagian otak yang belum pernah digunakan sejak kita lahir. Sebuah studi tahun 2007 di York University di Toronto, menemukan bahwa penggunaan beberapa bahasa dapat meningkatkan suplai darah ke otak untuk menjaga kesehatan koneksi saraf.

7. Menikmati musik Siapa yang tak suka dengan musik ? saya rasa semua orang pasti menyukai musik. Mendengarkan Instrumen musik ternyata bisa membuat otak kita menjadi sehat loh bahkan para ahli mengatakan bahwa hal ini bisa mengaktifkan dua indera sekaligus seperti mendengarkan musik dan mencium bunga.

8. Latihan fisik
Latihan fisik tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh tetapi aktivitas ini juga bisa meningkatkan alirah darah menuju otak sehingga kesehatan otak adan akan tetap terjaga. Menurut Stanford Center on Longevity and the Max Planck Institute for Human Development, latihan fisik dapat meningkatkan perhatian, penalaran dan memori.

9. Hidup sosial
Manusia adalah makhluk sosial sehingga tidak bisa hidup secara sendirian. Bersosialisasi dengan orang-orang ternyata tidak hanya bagus untuk pergaulan kita tetapi juga sangat bagus untuk kesehatan otak kita. Sebuah studi 2006 oleh Dr David Bennett dari Rush University Medical Center menemukan bahwa memiliki jaringan sosial dapat memberikan perlindungan terhadap gejala klinis penyakit Alzheimer.

10. Mencari hobi baru
 Setiap orang sudah pasti memiliki hobi didalam hidup mereka, namun terkadang ada masanya dimana kita akan merasa bosan dengan aktivitas dan rutinitas tersebut. Nah, apabila sudah begini maka untuk menyegarkan otak maka tidak ada salahnya untuk mencari hobi baru agar anda bisa belajar sesuatu yang baru. Temukan sesuatu yang baru dan menarik untuk dapat menjaga otak tetap aktif.

Itulah 10 olahraga otak yang wajib anda coba. Selain menyehatkan hal tersebut juga bisa membuat kemampuan otak anda menjadi meningkat sehingga anda akan menjadi orang yang pintar dan mempunyai wawasan yang luas. Selamat mencoba..!!
loading...


Halaman Berikutnya

3 Responses to "10 Olahraga Otak Yang Wajib Anda Coba"

  1. terimakasih untuk tips pola hidup sehatnya

    http://cv-pengobatan.com/pengobatan-alami-penyakit-liver/

    ReplyDelete
  2. Sangat informatif, patut untuk dicoba.

    ReplyDelete