Ketika Netizen Gagal Paham, Mengira 'Indonesia' Diganti 'Indochina'. Wajib Baca, Pelajaran Buat Kita !

loading...
Ada baiknya sebelum berbicara kita berpikir terlebih dahulu, jangan asal nyeplos saja tanpa tahu apa yang terjadi sebenarnya. Berbicara tanpa tahu kebenaran yang sesungguhnya hanya akan merugikan Anda sendiri, orang-orang akan menganggap Anda sebagai tukang fitnah, bodoh, sok tau dan lain-lainnya. Kedepannya, apapun yang Anda katakan maka tidak akan ada lagi orang yang percaya dengan ucapan Anda.



Seperti kejadian yang berikut ini, akibat pengetahuannya yang terbatas Ia kemudian dibully habis-habisan oleh para netizen. Ia mengunggah sebuah foto yang menunjukan tujuan penerbangan ketika berada di bandara, pada postingan tersebut Ia mengatakan bahwa tulisan Indochina pada papan dibandara tersebut sebagai gabungan antara negara Indonesia dan China.

Tak butuh waktu lama akhirnya postingan ini pun menjadi viral dimedia sosial, bahkan lebih parahnya lagi orang-orang yang pengetahuannya juga terbatas ikut-ikutan termakan dengan tulisan yang dinilai provokatif tersebut. Padahal tulisan Indochina yang terpampang di papan tujuan penerbangan tersebut bukanlah berarti Indonesia dan China.

Sudah kadung terprovokasi, ternyata mereka salah sangka. Seperti diketahui, Indochina sejatinya sebutan untuk daerah di semenanjung bekas daerah jajahan Prancis yang terpengaruh budaya India dan China. Kini, sebutan Indochina meliputi negara Vietnam, Kamboja, dan Laos.

Nah, berikut tulisan lengkap yang di unggah oleh pengguna Facebook yang minim pengetahuan tersebut !



"Pass mau check in di Bandara KLIA2 Malaysia, Pass lihat di papan info... ada tulisan 'INDOCHINA'.. Saya tunggu mana INDONESIA tapi tetap tak muncul... Jadi dimana letak negara INDOCHINA? MIKIR dan SADAR lah saudaraku INDONESIA," tulis pengguna Facebook.

Sejumlah netizen pun melontarkan komentar-komentar pedas dan meyakini ada oknum yang mengganti nama Indonesia menjadi Indochina. Mereka tersulut emosi, pun melontarkan komentar provokatif pula.

"Kenapa tidak ada yang marah ketika nama Indonesia menjadi Indochina di Bandara Kuala Lumpur?" tulis pengguna akun @sattarzain.

"Buka Mata Buka Telinga... Indochina itu dimana ?? ZOOM foto," kicau akun @dreamorita.

Ada pula komentar pengguna Facebook dengan akun Gamal Ramli yang juga tersulut emosinya.

"Parah Klw begini...... harus segera bergerak Klw tidak indonesia akan hilang," tulis Ramli.

Postingan ini berhasil membuat beberapa netizen menjadi emosi, mereka terprovokasi  tanpa mencari tahu terlebih dahulu kebenarannya. Kemudian fakta itu dijelaskan oleh sejumlah netizen untuk menenangkan mereka yang tersulut emosi dan terprovokasi. Dan, komentar mereka pun tak kalah menohok.

Setahuku Indochina itu memang bukan sebuah negara, tp sebutan dari kumpulan beberapa negara. Semacam Skadinavia (Denmark, Norwegia, Swedia)," kicau @FianHyde.

"Indochina itu area semenanjung Asia Tenggara bekas jajahan Prancis (Vietnam-Kamboja-Laos). Disebut gt krn posisinya di antara India & China," cuit @tygerd.

"Indochina itu kawasan, semenanjung gitu lhoooo... Doh ya... Dulu pelajaran geografi molor kali ya pada-pada..." kicau @firqohcute.

"Indo China itu istilah untuk negara2: Vietnam, Laos & Cambodia. Benci boleh, bodoh jangan," tulis @papa_danzel.

"Pertama dengar istilah 'Indochina' itu pas pelajaran IPS kelas 5 SD, BAB negara-negara Asia Tenggara," kicau @Arfan_JRocks.

"Ngaku..pasti ada juga yang baru tau negara Indochina itu apa aja," cuit @iwan_2112.
loading...


Halaman Berikutnya

0 Response to "Ketika Netizen Gagal Paham, Mengira 'Indonesia' Diganti 'Indochina'. Wajib Baca, Pelajaran Buat Kita !"

Post a Comment