Dua Dosa Yang Terus Mengalir Meski Telah Meninggal

Masihkah kita berdosa setelah meninggal dunia? Tentu, dalam kehidupan sehari-hari manusia bisa dengan mudah berbuat dosa baik itu disengaja ataupun tidak. Terkadang kita sadar akan kesalahan yang kita lakukan namun kita masih melakukan. Dosa bukanlah perkara yang main-main dan semua apa yang kita lakukan didunia akan dihakimi diakhirat nanti.
 
Dua Dosa Yang Terus Mengalir Meski Telah Meninggal


Sebab itulah Allah menyiapkan neraka bagi orang-orang yang berbuat dosa selama hidupnya. Namun mengenai dosa yang telah kita perbuat selama masa hidup, masihkah kita berdosa walaupun telah meninggal? Tahukah anda bahwa , selama perbuatan dosa masih berdampak pada orang lain maka dosa akan terus mengalir pada pelakunya meski dia sudah meninggal dunia.

Jika biasanya kita mengenal amal jariyah yang biasanya pahalanya mengalir meskipun kita sudah meninggal  maka ada juga dosa jariyah yang dijanjikan oleh Allah SWT kepada manusia dan dosa tersebut akan terus mengalir meskipun kita sudah meninggal. Padahal dialam barzah manusia sangat membutuhkan limpahan pahala sebagai pertolongan mereka menunggu hari kiamat. Namun karena dosa jariyah ini mereka harus menanggung dosa-dosa orang lain akaibat pengaruh atas tindakan yang sudah pernah ia lakukan semasa hidup.

Apa saja sih dosa yang terus mengalir meskipun kita sudah meninggal? Yuk simak disini :

1.Menjadi Pelopor Maksiat
Pelopor merupakan orang yang pertama melakukan tindakan dan yang lain turut mengikuti. Kemudian pengikutnya turut mengikuti baik dengan paksaan ataupun tanpa paksaan sama sekali. Tujuan tersebut akan sangat baik jika kita menjadi pelopor yang baik. Namun hal ini berbeda selama didunia kita selalu menjadi pelopor maksiat, hal inilah yang membuat dosa terus mengalir meski kita sudah meninggal.

Rosulullah SAW bersabda : “siapa yang mempelopori satu kebiasaan yang buruk dalam islam, maka mendapatkan dosa keburukan itu dan dosa setiap orang yang melakukan keburukan itu karena ulahnya, tanpa dikurangi sedikitpun doosa mereka.”(HR.Muslim)

2. Mengajak Oranglain Melakuka Kesesatan dan Maksiat
Berbeda dengan pelopor, orang yang mengajak orang lain melakukan kesesatan dan tindakan maksiat juga menjadi dosa yang terus megalir sampai kita meninggal. Merekalah yang menjadi pendakwah kesesatan atau merekalah yang secara nyata mengajak pada kesesatan. Allah SWT berfirma : “mereka akan memikul dosa-dosanya dengan penuh pada hari kiamat, dan berikut dosa-dosa orang yang mereka sesatkan yang tidak mengetahui sedikitpun (bahwa mereka disesatkan).” (QS. An-Nahl:25)

Nah itulah dua dosa yang akan terus mengalir didiri seseorang meskipun telah meninggal. Banyak hal yang selalu kita lakukan selama kita hidup didunia. Terkdang kita tidak pernah sadar melakukannya ataupun secara sadar. Namun tahukah anda, bahwa setiap perbuatan sudah tertulis dan pasti akan mendapat balasan.

Allah SWT berfirman : “sesungguhnya kami menghidupkan orang-orang mati dan kami menuliskan aa yang telah merka kerjakan dan beks-bekas yang mereka tinggalkan. Dan segala sesuatu kami kumpulkan dalam kitab induk yang nyata (Lauh Mahfuzh).” (QS. Yasin:12)




Halaman Berikutnya
loading...

0 Response to "Dua Dosa Yang Terus Mengalir Meski Telah Meninggal"

Post a Comment