Begini Cara Berbisnis Yang Sukses Ala Nabi Muhammad SAW

loading...
setiap kekayaan yang didapatkan oleh manusia tentu saja dari hasil kerja keras dan usaha yang mereka lakukan serta tak luput juga dari Ridho Allah yang selalu memudahkan jalan rezeki untuknya. Ya, seperti yang kita ketahui bahwa manusia diciptakan didunia ini dengan diberinya akal dan pikiran agar mereka dapat berpikir bagaimana caranya untuk bisa tetap bertahan hidup.
 
Begini Cara Berbisnis Yang Sukses Ala Nabi Muhammad SAW
 

Sebab itulah kebanyakan dari manusia menjemput rezeki nya dengan cara berbisnis. Bisnis merupakan salah satu jalan bagi seseorang untuk memperoleh kekayaan. Banyak hal yang membuktikan bahwa seorang pembisnis akan lebih banyak memiliki uang dibanding orang yang menjadi pekerja untuk oranglain.

Tahukah anda? bahwa berdagang atau berbisnis merupakan cara yang paling dianjurkan dalam memperoleh rezeki didalam islam. Dan hal ini juga sudah banyak kita dengar cerita tentang pembisnis islam didunia yang berhasil dan memiliki kekayaan yang luar biasa. Siapa pembisnis Islam itu? Salah satunya adalah Nabi kita Yaitu Nabi Muhammad SAW.

Kita patut mencontoh kebaikan yang Beliau lakukan. Ada beberapa prinsip yang dilakukan Rosulullah agar mudah meraih kesuksesan. Mau tahu apa saja, yuk simak begini cara berbisnis yang sukses ala Nabi Muhammad SAW. Berikut ulasannya :

1.Cari rezeki dengan berdagang
Sepanjang hidupnya Rosulullah mencari rezeki dengan cara berdagang. Nah jadi bagi anda yang ingin sukses seperti Nabi kita maka cobalah untuk berdagang . Diawali dengan insting dan terus pupuk rasa keingin suksesan anda dan anda juga bisa memulai berdagang kecil-kecilan terlebih dahulu. Yang terpenting jalani niat dagang anda karena Allah maka kesuksesan sudah ada didepan mata anda. sebab sebagian besar orang terkaya adalah dia yang menjadi pengusaha ataupun wirausahawan.

2.Lebih baik ambil untung sedikit
Dalam keberhasilannya dalam dalam berbisnis, Rosulullah tidak pernah sama sekali mengambil untuk lebih banyak apalagi berkali-kali lipat dari modal yang sebenarnya. Tips sukses ala Nabi adalah lebih baik ambil untung sedikit dan sewajarnya saat memberi harga. Nah bagi anda yang ingin sukses dalam berbisnis, ikutilah cara Nabi Muhammad SAW ini. Dengan mematokkan harga yang lebih tinggi jelas akan membuat pelanggan enggan membeli produk anda.

Sementara, dengan mengambil untung sewajarnya, Anda bisa membuat banyak orang lebih tertarik untuk membeli lebih banyak produk yang dijual. Kalau banyak orang membeli produk Anda, maka keuntungan yang dicapai juga semakin besar. Hal ini tentu lebih baik dibandingkan menjual dengan untung besar tetapi hanya laku sedikit. Ayo pilih yang mana para pembisnis, banyak laku dengan untung sedikit atau tidak laku sama sekali dengan untuk segudang?

3.Tidak besar pasak daripada tiang
Nabi Muhammad SAW sebagai seorang pedagang sangat bijak dalam mengelola uang. Jadi bagi anda yang saat ini mencari jalan rezeki dengan cara berdagang ataupun berbisnis, jangan sampai besar pasak dari pada tiang yaitu lebih banyak pengeluaran dibanding pendapatan.

Terlalu berambisi untuk berhutang terlalu banyak akan membuat anda kesulitan dalam  berbisnis. Pasalnya anda lebih mementingkan gengsi agar terlihat lebih memiliki uang banyak dari hasil bisnis anda. tahukah anda bahwa gaya hidup seperti  ini tidak akan membuat anda menjadi kaya, yang ada kehidupan akan lebih terpuruk dan andapun jatuh dalam hutang yang begitu banyak akibat ulah anda sendiri.

4.Tak lupa berbagi
Nabi Muhammad SAW sebagai panutan umat muslim di seluruh dunia, mengajarkan untuk saling berbagi. Sebab, dalam hukum Islam setidaknya 2,5 persen dari harta yang ada pada dirimu saat ini merupakan milik orang lain yang lebih membutuhkan seperti anak yatim, dan fakir miskin. Semakin banyak orang bersedekah maka semakin bahagia orang tersebut. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk rutin bersedekah dari setiap pendapatan yang Anda peroleh setiap bulannya. Dengan sedekah akan menambah rezeki dan pendapatan anda.

5.Ketahui peruntukan setiap pengeluaran
Islam mengajarkan bahwa  setiap umat dituntut benar-benar mengetahui untuk apa saja uang atau harta miliknya dipergunakan. Maka dari itu, buatlah rencana belanja dengan teliti. Cek kembali apakah Anda benar-benar butuh mengeluarkan untuk keperluan tersebut. Sebab, menjadi suatu kemudharatan apabila harta dipakai untuk kenikmatan dunia secara berlebihan. Jangan menghambur-hmburkan uang untuk kepentingan yang tidak perlu, karena hanya akan membuat anda semakin banyak pengeluaran dan tak hayal karena keinginan yang lebih didalam diri akan menjerumuskan kita pada hutang.

Nah itulah tips sukses ala Nabi Muhammad SAW. Sebagai umat islam kita dianjurkan untuk mengikuti cara Rosullah. Karena disetiap perbuatan yang Dia lakukan bisa menjadi teladan yang baik untuk kita semua. Bagaimana sudah mulai berpikir untuk memulai bisnis sekarang? Semoga sukse dan semoga bermanfaat.



loading...


Halaman Berikutnya

1 Response to "Begini Cara Berbisnis Yang Sukses Ala Nabi Muhammad SAW"

  1. inspiratif, andai semua pebisnis mencontoh prilaku Nabi bisa dipastikan sedikit yang kekurangan

    ReplyDelete