Empat Ukuran Menuju Kebahagiaan Menurut Hadist

Kebahagiaan adalah sebuah hal yang memang sudah didamba-dambakan oleh setiap manusia. Pasalnya kebahagiaan akan selalu memberikan ketentraman dalam hidup dan membuat seseorang merasa sukses bahwa dia sudah mencapai titik kebahagiaan. Namun jika ditanya kepada manusia yang ada didunia ini, apa ukuran kebahagiaan dan kesuksesan yang mereka inginkan?
 
Empat Ukuran Menuju Kebahagiaan Menurut Hadist


Seperti nya setiap jawaban akan berbeda-beda. Sebab setiap orang pasti mempunyai pikiran yang berbeda, dan setiap orang juga mempunyai pendapat masing-masing tentang kebahagiaan mereka. namun tahukah anda? Bahwa sebuah Hadist menjelaskan : 
 
“Empat faktor kebahagiaan : Wanita (isteri) shalihah, rumah yang lapang, tetangga yang shaleh dan kendaraan yang nyaman.” diriwayatkan oleh Ibnu Hibban (dishahihkan oleh Al-Arna’uth) .

Nah untuk lebih jelas lagi, yuk kita simak penjelasan dari empat faktor menuju kebahagiaan. Berikut ulasannya :

1. Wanita Sholihah
Menemui pasangan yang mencintai kita adalah hal yang banyak diagungkan oleh setiap wanita maupun pria. Jika sudah masuk kejenjang pernikahan berarti sudah menemukan titik kebahagiaan. Tapi tahukah anda, titik kebahagiaan bukanlah hanya sekedar menikah dan menemukan pasangan. Sebab jika pernikahan hanya didasari dnegan cinta lama kelamaan juga akan bosan.

Sebab masalah yang terjadi didalam pernikahan akan terus bertambah jika tidak dihadapi dengan ahkhlak dan iman. Maka dari itu kebahagiaan itu akan lengkap apabila seorang suami menemukan seorang istri sholeha. Begitu juga seorang istri, kebahagiaan akan lengkap jika ia menemukan suami yang sholeh. Sebab kehidupan yang ada didalam rumah tangga akan terbentengi dengan iman. Disitulah faktor kebahagiaan akan anda temukan.

Rasa cinta tidak bisa diandalkan untuk survive bertahun-tahun dalam hidup rumah tangga. Tapi kesholehan dan ketaqwaan yang bisa menjadi andalan.

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS. 30:21)

2. Rumah yang Lapang
Titik kebahagiaan yang luar biasa adalah, dimana kita mempunyai rumah yang lapang dan juga mempunyai hati yang lapang. Percuma jika mempunyai rumah lapang tapi hati masih sempit. Lebih baik mempunyai rumah sempit tapi mempunyai hati yang lapang. Disinilah terkadang orang merasakan kebahagiaan lahir dan batin. Karena mereka puas dengan usaha mereka dan sudah mendapatkan apa yang merka inginkan.

 Terlebih lagi mereka mempunyai hati yang baik tanpa ingin mengusik. Maka didalam rumah lapang akan kamu temukan kebahagiaan apabila diiringi dengan hati yang lapang pula. Tapi bagaimanapun lapangnya rumah anda, ingatlah bahwa tempat kembali anda adalah hanya sebuah bidang tanah nantinya.

3. Tetangga yang Sholeh
Bersosialisasi itu penting. Sebab itulah menusia harus berbuat baik pada sesama, terlebih lagi pada tetangga. Sebab didunia ini kita hidup didalam lingkungan, dan disana akan banyak bertemu dengan keluarga lainnya yang juga hidup disekitar anda. memiliki tetangga yang baik, ramah dan mau membantu disaat susah adalah sumber kebahagiaan juga.

Pasalnya memiliki tetangga yang seperti itu akan mendatangkan kebahagiaan kepada kita. namun jika mendapatkan tetangga yang sering memberi kritik yang tidak jelas dan sering iri-irian dengan barang yang kita beli maka tetangga yang seperti ini hanya membuat rusuh dan menjerumuskan kita pada dosa.

4. Kendaraan yang Nyaman
Memiliki kendaraan sendiri akan lebih nyaman dibanding dengan menaikki kendaraan umum. Ya, sebab dengan kendaraan umum seringkali membuat kita tak nyaman. Jika dibanding memakai kendaraan sendiri, kita bisa melewati jalan mana saja tanpa harus menunggu. Bukan hanya itu, menaikki kendaraan umum juga seringkali terjadi desak-desakan . sebab supir kendaraan ingin kejar target bayaran, jadi terpaksa sipenumpang harus diam. Nah jadi ketika seseorang sudah memiliki kendaraan sendiri itu adalah faktor menuju kebahagiaan.

Itulah empat faktor menuju kebahagiaan. Jadi jika anda ingin memiliki kebahagiaan dunia dan akhirat pangkalnya adalah iman. Yang terpenting anda mau berusaha dan berdo’a maka tercapailah kebahagiaan anda selama didunia. Bukan hanya didunia, dengan iman akan menghantarkan kebahagiaan kepada anda juga diakhirat. Semoga bermanfaat.



Halaman Berikutnya
loading...

0 Response to "Empat Ukuran Menuju Kebahagiaan Menurut Hadist"

Post a Comment