Begini Cara Buat Liburan Menjadi Berkah Anjuran Rosulullah

loading...
Setiap manusia membutuhkan waktu luang untuk bersenang-senang dan menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Tapi terkadang aktivitas yang terjadi dikehidupan sehari-hari seringkali membuat sebuah keluarga sulit untuk mengatur waktu kapan bisa pergi liburan bersama-sama. Ayah terkadang sibuk bekerja dari pagi hingga sore dan ibu sibuk mengatur pekerjaan rumah, anak pun ikut juga melakukan aktivitas nya dengan sekolah.
 
Begini Cara Buat Liburan Menjadi Berkah Anjuran Rosulullah


Jalan satu-satunya adalah harus meluangkan waktu diakhir pekan. Ya, jelas setiap orang pasti liburkan ketika akhir pekan? Inilah kesempatan keluarga untuk mengisi liburan dengan hal yang menyenangkan. Merefresh pikiran dan setidaknya dengan liburan akan membuat hati nyaman dan senang. Dengan liburan juga akan timbul inspirasi dan inisiatif untuk membangun hal baru.

Eits, tapi tahukah anda bahwa liburan juga mempunyai tata cara lho yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Hal ini disarankan agar liburan and amenjadi berkah dan senantiasa berkesan. Bagaimana sih tata cara yang dianjurkan Rosulullah? Yuk simak begini cara buat liburan menjadi berkah anjuran Rosulullah. Berikut ulasannya :

1. Berdoa Sebelum Berangkat
“Subhanalladzi sakh-khoro lanaa hadza wa maa kunna lahu muqrinin. Wa inna ila robbina lamun-qolibuun. Allahumma innaa nas’aluka fii safarinaa hadza al birro wat taqwa wa minal ‘amali ma tardho. Allahumma hawwin ‘alainaa safaronaa hadza, wathwi ‘anna bu’dahu. Allahumma antash shoohibu fis safar, wal kholiifatu fil ahli. Allahumma inni a’udzubika min wa’tsaa-is safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.” (HR. Muslim)

Itulah do’a yang bisa anda lafazkan ketika hendak pergi liburan. Karena dengan do’a pastilah hati menjadi tenang dan yakin bahwa liburan dan perjalanan yang akan ditempuh terasa menyenangkan. Oh iya jangan lupa untuk membaca Allahu Akbar 3X ya sebelum membaca do’a diatas.

2. Selalu Berdoa Sepanjang Perjalanan
Jangan segan untuk selalu berdo’a sepanjang perjalanan, karena hal tersebut akan membuat hati anda tenang dan tidak was-was dalam menempuh perjalanan. Rasulullah SAW bersabda : "ada tiga doa mustajab yang tidak perlu diragukan lagi. Yakni, doa orang teraniaya, doa musafir, dan doa orang tua kepada anaknya". (HR. Abu Huraiah)

3. Berdoa Meminta Perlindungan Sesampainnya di Tempat Liburan
Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa singgah di suatu tempat lalu berdoa; aku berlindung kepada kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya- maka tidak akan ada sesuatu yang membahayakan dirinya sampai dia meninggalkan tempat tersebut". (HR Muslim)

Agar tujuan sampai dengan baik, memang diperlukan do’a-do’a yang membuat hati menjadi tenang. Mintalah perlindungan kepada Allah agar selalu diberikan perlindung hinga sampai ketempat tujuan.

4. Segera Pulang Jika Memang Sudah Selesai Liburan
Setelah lama bersenang-senang dan menghabiskan waktu bersama keluarga, ketika liburan tersebut sudah merasa terpuaskan, segeralah pulang. Sebab jika liburan sudah selesai tapi masih dipaksakan untuk bersenang-senang maka ha ini bukan keinginan hati lagi melainkan bisikan dari setan.

Rasulullah SAW bersabda: "Berpergian itu sebagian dari siksa, karena dapat menghalangi seseorang untuk makan, minum, dan tidur. Karena itu, apabila seorang di antara kalian telah menyelesaikan urusannya, hendaklah segera kembali ke keluarganya". (HR. Bukhari)

5. Singgah di Masjid Sebelum Pulang
Singgahlah kemasjid sebelum pulang, Diriwayatkan Kab bin Malik, apabila Rasulullah SAW datang dari bepergian, beliau terlebih dahulu masuk masjid dan melakukan shalat dua rakaat.

Nah itulah cara buat liburan anda menjadi berkesan menurut ajaran Rosulullah SAW. Dengan mengikuti tatacara tersebut hati pun akan tentram dan terasa menyenangkan bukan? Apalagi liburan tersebut kita habiskan dengan keluarga tercinta, pasti semua terasa indah. Ajarkan juga hal diatas dengan anak anda. Kelak anak anda akan selalu mengingat Allah dimana pun dia berada. Semoga bermanfaat.
loading...


Halaman Berikutnya

0 Response to "Begini Cara Buat Liburan Menjadi Berkah Anjuran Rosulullah"

Post a Comment