Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Makan Menggunakan Tangan

Makan menggunakan tangan? Rasanya gak jaman lagi jika masih dilakukan dijaman yang moderen seperti ini. Apalagi jaman sekarang sudah begitu banyak alternatif yang sangat mudah untuk makan tanpa harus mencuci tangan. Ya, biasanya kebanyakan orang lebih memilih makan menggunakan sendok dan garpu atau alternatif lainnya. Bahkan dijaman sekarang ini, sudah banyak macam alat yang digunakan untuk makan yang tercipta. Jadi untuk apa masih susah-susah harus mencuci tangan dan makan menggunakan tangan.
 
Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Makan Menggunakan Tangan


Eits, memang sekarang adalah jaman yang moderen, bukan jaman primitif lagi. Tapi tahukah anda makan menggunakan tangan dapat memberikan efek sehat bagi tubuh anda. Memang primitif, tapi khasiat makan menggunakan tangan tidak akan merugikan anda. Sebab makan menggunakan tangan akan lebih sehat dibanding menggunakan sendok dan garpu.

Makan menggunakan tangan memang tidak diragukan lagi kesehatannya, sebab ajaran seperti ini adalah ajaran dari Rosulullah SAW . Dari Ka’ab bin Malik dari ayahnya ia mengatakan, “Rasulullah SAW itu makan dengan menggunakan tiga jari dan menjilati jari-jari tersebut sebelum dibersihkan.” (HR. Muslim No. 2032 dan lainnya)

Ilmiahnya, jika anda makan menggunakan tangan maka anda akan makan secara melambat dan tidak tergesah-gesah. Hal inilah yang menghindari anda dari penyakit diabetes dan penyakit lainnya. Jika anda makan menggunakan sendok atau menggunakan garpu dan pisau otomatis makan anda akan cepat menghabiskan makanan dan hal ini bisa mengakibatkan berbagai penyakit bisa menyerang anda kapan saja.

Nah untuk mengetahui manfaat lainnya dari makan menggunakan tangan, yuk simak ini alasan kenapa kamu harus makan menggunakan tangan. Berikut ulasannya :

1. Meningkatkan Kinerja Sistem Pencernaan
Apa bedanya makan menggunakan tangan dengan makan menggunakan sendok? Tahukah anda bahwa makan menggunakan tangan bisa membuat sistem pencernaan anda menjadi lancar. Lho kok bisa gitu? Aneh. Ya memang kedengarannya agak aneh, tapi makan menggunakan tangan sangat baik untuk tubuh anda. Pasalnya sebelum dan sesudah makan kita akan mencuci tangan, nah karena itulah semua bakteri jahat yang ada ditubuh akan dibasmi sehingga bakteri baik akan memberikan kesehatan pada usus anda.

Selain itu makan menggunakan jari dapat mengirimkan sinyal ke otak, makanan yang mana yang lembut, keras, panas dan dingin. Semua sudah terasa oleh tangan, itulah mengapa tangan sangat baik bagi tubuh anda jika anda gunakan untuk makan.

2. Mencegah Makan Terlalu Banyak
Tahukah anda makan menggunakan tangan dapat mencegah anda makan terlalu banyak. Sebab itulah mengapa orang yang suka makan menggunakan tangan memiliki berat badan yang seimbang dibanding orang yang sering makan menggunakan sendok. Perbedaan makan dengan tangan dan makan dengan sendok, biasanya orang yang makan dengan tangan akan lebih fokus dibanding makan dengan sendok.
Sebab orang yang makan menggunakan tangan tidak mampu melakukan hal lain dibanding orang yang makan dengan sendok. Orang yang makan dengan tangan akan senantiasa konsentrasi makan dibanding orang yang menggunakan sendok. Orang yang menggunakan sendok akan lebih bisa beraktivitas dengan yang lainnya seperti memainkan handpone dan hal lainnya sehingga membuat perut merasa belum kenyang. Sebab itulah mengapa makan menggunakan tangan akan lebih cepat kenyang dibanding orang yang makan menggunakan sendok.

Bukti makan menggunakan tangan lebih sehat dibanding makan menggunakan sendok. Dalam sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh Dr Charles Gerba dari University of Arizona dikatakan bahwa kita tidak mungkin menghalangi kuman dan bakteri masuk ke dalam lingkungan kita. Namun kita bisa memerangi kuman dengan cara mencuci tangan setiap sebelum dan selesai beraktivitas.
Makan menggunakan tangan terbukti lebih menyehatkan Karena dalam tangan, terdapat enzim RNAse yang dapat mengikat bakteri, sehingga tingkat aktivitasnya sangat rendah ketika masuk bersama makanan ke saluran pencernaan tubuh.

Enzim ini selalu terkandung dalam jari-jari dan telapak tangan manusia, sehingga dengan asumsi sudah dilakukan upaya menghigieniskan tangan sebelumnya  proses penyuapan makanan ke dalam saluran pencernaan akan mengikutkan enzim yang bisa mengikat sel bakteri agar aktivitasnya tidak maksimal.

Rosulullah menganjurkan makan menggunakan tangan, Ibnu Utsaimin radhiallahu anhu mengatakan: “Dianjurkan untuk makan dengan tiga jari, yaitu jari tengah, jari telunjuk, dan jempol, karena hal tersebut menunjukkan tidak rakus dan ketawadhu’an. Akan tetapi hal ini berlaku untuk makanan yang bisa dimakan dengan menggunakan tiga jari.

Namun, makanan yang bisa dimakan dengan menggunakan tiga jari maka hendaknya kita hanya menggunakan tiga jari saja, karena hal itu merupakan sunnah Nabi Muhammad ” (Syarah Riyadhus shalihin Juz VII hal 243)

Nah itulah alasan kenapa kamu harus makan menggunakan tangan. Sebab banyak manfaat sehat yang akan anda dapatkan dari makan menggunakan tangan. Apakah anda mulai tertarik untuk makan menggunakan tangan dari sekarang? Silahkan dicoba dan rasakan sendiri perubahannya pada tubuh anda. Semoga bermanfaat.



Halaman Berikutnya
loading...

0 Response to "Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Makan Menggunakan Tangan"

Post a Comment