6 Gejala Pada Tubuh Yang Bisa Menjadi Indikator Kesehatan Ginjal

loading...
Setiap manusia memiliki sepasang ginjal yang terletak di sebelah kiri dan kanan tepatnya dibelakang perut, posisi ginjal yang disebelah kiri biasanya lebih tinggi daripada yang sebelah kanan namun kedua organ tersebut sama pentingnya yaitu berfungsi untuk menyaring darah dan mengeluarkan produk sisa didalam tubuh sehingga perannya sangatlah vital bagi.

6 Gejala Pada Tubuh Yang Bisa Menjadi Indikator Kesehatan Ginjal

Nah, karena fungsinya yang sangat penting sehingga apabila ada gangguan sedikit saja pada organ ginjal anda maka akan langsung terasa berpengaruh pada bagian tubuh lainnya. Itulah mengapa kita selalu dianjurkan untuk minum sebanyak delapan gelas dalam sehari, selain untuk mencukupi asupan cairan didalam tubuh ternyata hal tersebut juga bisa membuat ginjal anda menjadi sehat.

Biasanya bila kerusakan ginjal belum terlalu parah maka efek yang ditimbulkan belum terlalu terasa oleh kita, namun apabila kerusakan ginjal sudah pada tahap lanjut baru tubuh akan merasakan dampaknya. Oleh sebab itu, sebelum ginjal kita rusak parah maka tidak ada salahnya apabila kita waspada dan perhatikan 6 gejala dibawah ini yang bisa dijadikan indikator kesehatan ginjal anda .

Penasaran ? yuk mari kita simak tulisan dibawah ini.

1. Pucat dan lemas
Organ ginjal yang berfungsi dengan baik biasanya tidak menyebabkan seseorang menjadi pucat dan lemas setiap hari, tetapi mereka akan selalu semangat karena sistem didalam tubuh berjalan dengan normal. Nah, apabila anda selalu merasa pucat dan lemas setiap hari tanpa ada sebab maka hal ini harus diwaspadai karena bisa jadi suatu pertanda bahwa ginjal anda sedang bermasalah sehingga harus sesegera mungkin untuk berkonsultasi kepada dokter sebelum terlambat.

Ginjal juga merupakan organ yang merangsang produksi sel darah merah didalam tubuh sehingga tak heran apabila seseorang yang punya masalah dengan ginjalnya menjadi pucat dan lemas, hal ini disebabkan karena produktivitas sel darah merah didalam tubuh juga akan berkurang.

2. Mual dan muntah
Selain merangsang produksi sel darah merah, ginjal juga berfungsi sebagai alat penyaring didalam tubuh sehingga apabila organ ini bermasalah maka bisa mengakibatkan mual dan muntah. Namun bukan berarti ketika kita merasa mual dan muntah langsung mengambil kesimpulan bahwa itu merupakan tanda ginjal bermasalah tetapi anda harus jeli membedakan mana mual dan muntah akibat penyakit ginjal dan mana yang bukan.

Nah, rasa mual dan ingin muntah ini dikarenakan racun terperangkap didalam tubuh dan tidak mampu dikeluarkan. Jika biasanya racun dibuang melalui urine tetapi ketika ginjal sedang bermasalah maka organ tersebut tak bisa melakukan tugasnya dengan normal.

3. Sesak Nafas
Walaupun ginjal ukuranya sangat kecil namun memiliki fungsi yang luar biasa sehingga anugerah ini sudah sepatutnya kita jaga jika ingin terus menikmati hidup dengan tubuh yang sehat. Nah, selain dua hal diatas ternyata sesak napas juga bisa menjadi indikator kesehatan ginjal anda sehingga jangan pernah sepelekan hal ini.

Gejala sesak napas memang belum akan terasa ketika ginjal masih tahap awal kerusakan, namun hal ini baru akan terasa ketika kerusakan ginjal sudah masuk tahap akhir. Akibat tidak berfungsinya organ ginjal maka lama kelamaan cairan akan menumpuk didalam tubuh dan mengenai paru-parua anda sehingga si penderita mulai merasakan sesak napas.

4. Tubuh Bengkak
 Ginjal merupakan sebagai alat penyaring dan membuang racun didalam tubuh, nah apabila ginjal sudah bermasalah maka fungsinya tidak normal lagi sehingga menimbulkan efek pada tubuh yaitu salah satunya adalah pembengkakan pada tubuh seperti kaki, perut, mata hingga yang lebih parah lagi bisa seluruh tubuh.

Pembengkakan ini diakibatkan cairan yang menumpuk didalam tubuh dan bisa sangat jelas terlihat pada orang yang menderita penyakit batu ginjal. So, tubuh yang bengkak bisa anda jadikan indikator kesehatan ginjal anda.

5. Kencing Berkurang
Seperti yang sudah kita bahas diatas tadi bahwa ginjal merupakan alat penyaringan sehingga apabila fungsinya terganggu maka orga tersebut tidak bisa bekerja secara normal dan membuat cairan menumpuk didalam tubuh dan tidak bisa dikeluarkan. Nah, inilah yang menyebabkan anda menjadi jarang buang air kecil dan jika pun buang air kecil maka jumlah air seni yang keluarpun akan berkurang. Jika anda mengalami hal ini maka sebaiknya anda cepat konsultasikan kepada dokter, namun berkurangnya jumlah air seni juga bisa dipengaruhi oleh faktor lain seperti kurang minum.

6. Pengeroposan Tulang
Pengeroposan tulang biasanya disebabkan karena berkurangnya kalsium dan hal ini bisa terjadi pada siapa saja. Namun tidak banyak orang yang mengetahui bahwa ternyata pengeroposan tulang bisa diakibatkan karena terganggunya fungsi ginjal anda.

Ginjal juga berperan didalam menjaga keseimbangan kalsium didalam tubuh sehingga apabila organ ini terganggu maka tubuh akan kekurangan kalsium dan pada akhirnya tubuh akan mengambil kalsium dari tulang sehingga lama kelamaan bisa menyebabkan seseorang menjadi osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Itulah 6 gejala pada tubuh yang bisa dijadikan indikator kesehatan ginjal sehingga apabila anda merasakan hal-hal diatas maka tidak ada salahnya untuk segera berkonsultasi kepada dokter agar tidak terlambat dan bisa ditangani dengan tepat serta cepat.
loading...


Halaman Berikutnya

0 Response to "6 Gejala Pada Tubuh Yang Bisa Menjadi Indikator Kesehatan Ginjal"

Post a Comment