Enam Kriteria Calon Istri Yang Disebutkan Dalam AL-Qur’an

loading...
Memiliki pendamping hidup itu memang sebuah sunnah yang harus ditekankan kepada setiap manusia yang hidup didunia ini. Banyak dari lelaki ingin memiliki calon istri yang sholehah, sebab istri soleha akan menjadi penenang didalam keluarga. Selain itu istri sholehah juga bisa menjaga dan menghormati suami.

Enam Kriteria Calon Istri Yang Disebutkan Dalam AL-Qur’an


Memang kata sholehah selalu identik dengan kata-kata yang saya tuliskan diatas. Tapi tahukah anda bahwa didalam Al-Qur’an Allah tidak menjelaskan kriteria sholehah. Yang Allah jelaskan adalah bagaimana cara perempuan agar lebih mudah menjadi wanita yang sholehah. Mau tau kriteria wanita yang seperti apa saja yang disebutkan didalam Al-Qur’an? Yuk simak enam kriteria calon istri yang disebutkan dalam Al-Qur’an Surah At-Tahrim: 5 , Berikut ulasannya :

1. Muslimah
Kriteria yang pertama adalah muslimah, kriteria wanita inia dalah dia yang selalu patuh dan tunduk dengan perintah Allah. Dia senantiasa menjalani hidupnya hanya karena Allah. Seperti dulu Nabi Ibrahim berserah diri kepada Allah: “(Ingatlah) ketika Tuhan berfirman kepadanya (Ibrahim), “Aslamtu, berserah dirilah”. Dia (Ibrahim) menjawab, “Aku berserahdiri kepada Tuhan Seluruh Alam)”. Sebab itulah kata muslimah bisa menjadikan seseorang menjadi sholehah.

2. Mukminah
Mukminah adalah kriteria wanita mumin. Dia selalu pandai menjaga keimanannya meski goyah. Dia akan sangat takut apabila keimanannya hilang, menurun. Mereka akan menjaga nya tak lekang oleh waktu. Wanita yang seperti inilah yang sebenarnya harus dicari dan dijadikan pendamping hidup anda.

3. Qonitah
Dalam ayat ke-12 surat At-Tahrim, Maryam secara jelas diberi predikat ini, ” dan Maryam putri Imron yang memelihara kehormatannya, maka kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh ciptaan kami, dan dia membenarkan kalimat-kalimat Tuhannya dan kitab-kitab-Nya, wa kaanats minal qonitiin, dan dia termasuk perempuan yang taat”.

Qonita berarti taat, ya dia adalah wanita yang selalu taat kepada Allah, dia juga tak selalu mementingkan dunia. Dan dia selalu mengingat Allah dimanapun dia berada. Dia yangs elalu membenarkan Kalimat Tuhan dan Kitab. Jika anda sudah menemukan wanita seperti ini maka dia layak jika anda istimewa kan didalam hidup anda, sebab yang dia cari bukanlah kesenangan dunia melainkan bisa mengajak anda kesurga.

4. Taaibah
Taaibah berarti bertaubat. Jadi wanita yang pernah berbuat kesalahan lalu dia bertaubat dan taubatnya itu adalah taubatan nasuha yang berati taubat bersungguh-sungguh maka dia adalah kriteria yang seharusnya kamu cari. Jangan hanya melihat dari luar saja tetapi lihatlah dari dalam hatinya.

Sesungguhnya dia menyesalai perbuatannya, dan jika anda ingin mencari pendamping hidup kriteria taaibah juga sangat penting anda lihat. Sebab manusia tak lupt dari kesalahan ta[i jika dia mau bertobat dengan sungguh-sungguh maka Allah akan berikan ampunan kepadanya.

5. ‘Aabidah
‘Aabidah berarti beribadah, didalam Al-Quran Allah menjelaskan bahwa kriteria wanita yang baik itu adalah wanita yang suka beribadah. Dimana dia selalu tepat waktu dan selalu mengerjakan sholat sunnah. Kriteria wanita ini sangat baik untuk masa depan rumah tangga anda nantinya. Bukan hanya akan dapatkan kebahagiaan didunia tapi diakhirat juga.

6. Saaikhah
Saaikhah adalah perempuan yang suka berpuasa, bukan hanya menjalankan kewajiban menjalankan puasa ramadhan saja, tapi dia juga menjalankan puasa sunnah.

Nah itulah enam kriteria calon istri yang disebutkan dalam AL-Quran. Ternyata sholehah belum sempurna jika belum melaksanankan enam kriteria diatas. Jadi pilihan untuk mendapatkan istri yang selalu mengingat Allah sangat banyak pilihannya, bukan hanya dengan kata sholehah saja yang menjamin wanita itu taat, tapi dengan melakukan enam kriteria itulah yang menjadikan wanita sholehah.

Jadi buat para lelaki yang ingin mencari istri sholehah berarti dia harus melihat ke enam kriteria diatas. Kalau sudah seperti itu barulah bisa dikatakan sholehah. Semoga bermanfaat.
loading...


Halaman Berikutnya

0 Response to "Enam Kriteria Calon Istri Yang Disebutkan Dalam AL-Qur’an"

Post a Comment