5 Manfaat Melamun Bagi Kesehatan Otak Manusia

loading...
Melamun? Kurang kerjaan dan sangat tidak baik jika terus dilakukan. Eits, siapa bilang melamun itu sesuatu hal yang bodoh? Justru dengan melamun anda akan menemukan manfaat yang luar biasa untuk otak anda. jadi jangan salah dengan hal yang satu ini, “melamun bisa membuat seseorang kesurupan” jangan percaya deh, dengan melamun bisa membuat anda menemukan aktivitas baru dan ide-ide yang lebih cemerlang lagi.

manfaat melamun bagi kesehatan otak

Gak percaya? Dari pada penasaran yuk langsung saja kita lihat kebaikan-kebaikan yang mengejutkan dari kebiasaan melamun. Ini dia manfaatnya :

1. Mengaktifkan sekaligus mengistirahatkan otak
Melamun bisa mengaktifkan dan mengistirahatkan otak anda. Dengan melamun akan membiarkan otak anda untuk aktif secara bergantian sebab otak terbagi menjadi dua sitem, yaitu untuk bertugas dalam aktivitas pengambilan keputusan dan bagian yang berfungsi untuk merasakan empati. Jadi dengan melamun berarti anda telah membiarkan ke dua otak aktif secara bergantian. Sedangkan dalam keadaan normal otak hanya akan aktif hanya salah satu saja.

2. Membangkitkan kreativitas
Manfaat lainnya yang akan diberikan oleh melamun adalah membangkitkan kreativitas dalam diri. Sebab ketika anda sedang melamun benak anda akan menjelajahi berbagai bagian didalam otak sehingga dapat menggumpulkan informasi dan menciptakan koneksi sehingga timbullah ide-ide baru ketika anda sedang melamun. Hal ini akan terjadi tanpa anda sadar namun sebenarnya menimbulkan inspirasi.

3. Melatih otak
Ketika melamun akan banyak terlintas kejadian dan informasi-informasi didalam otak. Sehingga dengan melamun ini bisa melatih untuk mengasah ketajaman otak anda. Seperti yang dikatakan ahli neuroscience Dr. Muireann Irish lamunan adalah hasil dari proses pemikiran kompleks yang melibatkan beberapa bagian otak sekaligus. Jadi sangat baik sekali bagi anda untuk mencoba dan mengistirahatkan otak anda dengan cara melamun.

4. Meningkatkan memori jangka pendek
Memori jangka pendek melibatkan kemampuan otak untuk menyimpan dan memanggil kembali informasi pada saat pikiran terdistraksi. Riset yang dilakukan University of Wisconsin dan Max Planck Institute for Human Cognitive and Brain Science menunjukkan korelasi yang tinggi antara melamun dan aktivitas memori kerja.

5. Menyehatkan tubuh
Jika seseorang mengalami stres maka cobalah untuk melamun. Karena melamun bisa menurunkan level stres. Jadi sangat baik bagi anda yang sedang banyak pikiran atau sedang dalam masalah yang berat. Melamun dapat membantu menenangkan anda dan menyehatkan tubuh anda.

Itulah kebaikan-kebaikan mengejutkan dari melamun yang harus anda ketahui.  Jadi tidak ada salahya jika kamu meluangkan waktu untuk melamun dan jangan hiraukan jika mereka mengatakan bhwa anda adalah orang bodoh yang hanya membuang-buang waktu dengan melamun. Eits, tapi harus diingat ya, lamunkan hal-hal yang bermanfaat dan positif, jika anda melamun hal yang negatif bukan malah membuat otak anda tenang tetapi malah tambah kacau.

loading...


Halaman Berikutnya

1 Response to "5 Manfaat Melamun Bagi Kesehatan Otak Manusia"