8 Alasan Yang Membuat Anda Sulit Kaya Walaupun Bergaji Tinggi

loading...
Uang merupakan kebutuhan utama manusia karena uang sangat diperlukan dan dibutuhkan didalam kehidupan sehari-hari. Uang juga menjadi pengukur utama seseorang kaya atau miskin, begitulah orang membandingkan antara sikaya dan simiskin. Semua tentang uang, siapa sih yang tidak ingin kaya? Pasti setiap orang ingin kaya. Namun harus kita ketahui bahwa uang bukanlah segalanya, kekayaan itu tidak hanya diukur dari uang.

Alasan Yang Membuat Anda Sulit Kaya Walaupun Bergaji Tinggi

Tetapi kekayaan itu adalah seseorang yang mempunyai kemampuan dan keahlian dalam satu bidang lalu bisa mengembangkannya dalam bentuk bisnis dan pandai mengelolah keuangan. Nah hal inilah yang bisa dikatakan kaya, karena jika kita hanya mempunyai uang namun tidak memiliki kemampuan dan keahlian dalam bidang apapun maka uang itu akan habis secara perlahan.

Seseorang mengatakan “saya sudah bekerja dan di gaji besar, pasti saya akan kaya”. Iya seseorang yang sudah bekerja dan bergaji tetap bisa menjadi kaya, tetapi hal itu bisa terwujud dengan bisanya kita mengatur keuangan. Berbeda dengan seseorang yang bekerja dan digaji besar namun tidak bisa mengelola keuangan, hal itu hanya akan sia-sia dan tidak akan pernah membuat nya menjadi kaya.

Mau tahu alasan mengapa seseorang masih saja miskin padahal gajinya sangat tinggi? Yuk simak ulasan beriukut ini :

1. Tidak punya tabungan prioritas
Tidak mempunyai tabungan prioritas adalah salah satu alasan yang membuat seseorang selalu miskin walaupun gajinya tinggi. Hal ini disebabkan karena seseorang tidak bisa mengatur keuangan dan lebih memilih menghabiskan gaji untuk kesana-sini. Menabung itu sangat perlu karena sangat bermanfaat bagi diri sendiri dan masa depan.

Jadi belajarlah untuk menyimpan sebagian uang untuk diri anda. hal ini dijamin membuat anda menjadi kaya. Karena keuangan teratur dan kehidupan financial anda akan terus maju dan bersiaplah untuk menyambut masa depan yang cerah dan kaya.

2. Tinggal ditempat yang mahal
Seseorang yang sudah bekerja dan mendapatkan gaji yang tinggi akan mudah sekali tergoda dengan hal-hal diluar sana. Mereka sering berpikir untuk tinggal ditempat yang besar dan mahal. Padahal dengan cara itulah yang membuat mereka tak akan pernah bisa kaya karena pengeluaran yang besar akan menggerogoti uang secara perlahan. Menurut Andy, dalam perencanaan keuangan yang sehat, Anda harus mencoba pengeluaran untuk bayar sewa harus di bawah 20 persen penghasilan.

3. Tidak punya rencana keuangan
Awal bulan adalah menjadi awal kebahagiaan bagi setiap para pekerja, pasalnya mereka akan mendapatkan gaji. Nah hal itulah yang membuat mereka terkadang tidak mempunyai rencana keuangan dan lebih memilih untuk berbelanja dan menghabiskan uang tanpa harus pikir panjang. Inilah juga menjadi salah satu alasan seseorang tidak akan pernah kaya. Tentukan rencana keuangan, kemudian tabunglah sebagian dari dari gaji tersebut guna untuk melindungi anda dari keadaan darurat dan mendesak sewaktu-waktu.

4. Tidak tahu uang dipakai untuk apa
Ahli keuangan dan juga penulis, Donna Freedman mengatakan, masalah keuangan terbesar yang pernah dia lihat adalah ketika orang tidak punya sistem anggaran dan hanya hidup dari gaji ke gaji setiap bulannya. Dalam kondisi ini, setiap penghasilan yang didapat akan habis tanpa tahu guna dan tujuannya. Jadi ketika anda mempunyai uang cobalah untuk pandai mengatur dan tujuan uang yang anda miliki itu untuk apa. Jika anda saja tidak mampu mengelolah bagaimana anda bisa kaya? Pikirkan masa depan anda.

5. Tidak bisa memisahkan antara keinginan dan kebutuhan
Suatu keinginan bisa membuat seseorang menjadi hancur. sama hal nya dengan anda mempunyai uang kemudian tidak membedakan mana keinginan dan mana kebutuhan. Seringkali seseorang mengartikan jika kebutuhan itu adalah sesuatu yang diharuskan, padahal semua itu hanya menipu dan membuat anda hancur dari segi keuangan. Ya kalau sudah seperti itu bagaimana mau kaya memisahkan keinginan dan kebutuhan saja tidak mampu.

6. Mencoba kaya dengan cepat
Terkadang seseorang mencari cara jitu untuk bisa menjadi kaya, dengan membeli saham panas atau bisnis yang menipu dan cara-cara salah lainnya dalam berbisnis. Hal yang seperti inilah yang membuat seseorang selalu terjerumus dan tidak akan pernah merasakan kaya dengan hasil kemampuan sendiri. Lagian hal seperti itu tidak membuat seseorang kaya dalam jangka waktu yang lama.
Pendiri Money Smart Guides, Jon Dulin menyebut terlalu banyak orang yang ingin kaya mendadak dan keluar dari kemiskinan. Namun mereka tidak menyadari cara yang dilakukan terkadang malah mengubur mereka dalam kemiskinan.

7. Banyak membeli asset yang nilainya terus turun
Katanya beli asset bisa mempercepat kekayaan karena dengan banyaknya investai akan membuat seseorang akan kaya. Belum tentu, anda harus melihat asset yang seperti apa yang anda beli? Jika anda kebanyakan membeli aset yang nilainya terus turun itu sama saja menbuat anda hanya menunggu hasil dari gaji ke gaji.

Pakar keuangan pribadi, Deacon Hayes mengatakan salah satu alasan orang akan selalu miskin karena fokus membeli barang yang nilai asetnya akan terus turun. Dengan kata lain, jika barang ini dijual lagi maka harganya akan turun seperti mobil.

8. Banyak pengeluaran dari pada pemasukkan
Ibarat pepatah mengatakan besar pasak dari pada tiang. Perumpamaan seperti inilah yang tepat untuk mengatakan banyak pengeluaran dari pada pemasukkan. Seringkali seseorang tidak memikirkan pengeluaran uang yang mereka keluarkan. Oleh sebab itulah yang membuat seseorang tidak bisa mengatur keuangan dan akan selalu miskin.

Menurut Nick, mengatasi masalah ini bisa dari dua sisi. Pertama adalah dengan bekerja keras dan mendapatkan uang lebih banyak sehingga Anda memiliki ruang untuk bernapas. Selain itu juga bisa memotong pengeluaran," katanya.

Itulah 8 alasan mengapa seseorang selalu miskin walaupun dengan gaji yang tinggi. Karena mereka tidak bisa mengatur keuangan sehingga lebih mengutamakan kebutuhan dan keinginan serta besar pengeluaran daripada pemasukkan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menyadarkan anda agar tidak selalu merasa miskin dan kaya dengan cara yang benar. semoga bermanfaat.
loading...


Halaman Berikutnya

2 Responses to "8 Alasan Yang Membuat Anda Sulit Kaya Walaupun Bergaji Tinggi"