5 Penyebab Insomnia Pada Orang Lanjut Usia

Disegala usia pasti pernah mengalami yang namanya insomnia bahkan orang yang mengalami stres juga bisa terkena insmonia terlebih lagi ini rentan terjadi pada lansia (lanjut usia) hal ini disebabkan oleh terjadinya penurunan fungsi fisik dan penyakit. Keadaan seperti ini sangat menggangu sekali buat para kakek dan nenek karena mereka tidak bisa tidur dengan teratur.

5 Penyebab Insomnia Pada Orang Lanjut Usia

Dan masih banyak faktor yang menyebabkan terjadinya insomnia. Apa saja sih faktor-faktor tersebut? Yuk langsung saja kita simak penyebab terjadinya insomnia pada lansia, ini dia ulasannya :

1. Faktor psikologis
Seorang lansia mengalami insomnia biasanya karena hal-hal yang secara tiba-tiba datang seperti, ditinggal pasangan atau ditinggal oleh anaknya sehingga seorang lansia mengalami depresi dan stress. Hal inilah yang membuat para lansia mengalami gangguan faktor psikologis dan berdampak pada pikiran sehingga susah tidur.

2. Faktor lingkungan
Faktor lingkungan juga bisa menjadi penyebab seseorang susah tidur. Hal ini disebabkan oleh keadaan lingkungan yang bising dan kelembaban lingkungan. Jadi bagi lansia yang akhir-akhir ini susah tidur mugkin karena faktor lingkungan yang tidak bersahabat sehingga mengganggu pola tidur.

3. Perubahan pola tidur
Pola tidur yang salah juga menjadi penyebab terjadinya insomnia. Biasanya para lansia menghabiskan waktu untuk tidur siang dan hal ini akan sulit bagi mereka untuk tidur dimalam hari. Semakin bertambahnya usia pola irama sirkadian mengalami perubahan sehingga menyebabkan perubahan pada pola tidur seorang yang telah lansia.

4. Asupan nutrisi
Mengkonsumsi makanan yang salah juga dapat menyebabkan seseorang terserang insomnia salah satu nya jika anda mengonsumsi alkohol dan obat-obatan hal ini sangat tidak baik bagi tubuh efeknya anda akan mengalami susah tidur. Dan satu llagi tetap jaga kebersihan diri agar terhindar dari insomnia

5. Ketidaknyamanan fisik
Jika seorang lansia sedang mengalami batuk,nyeri,penyakit paru dan masih banyak penyakit lainnya, hal itu juga dapat menyebabkan lansia susah untuk tidur karena penurunan fisik yang drastis dan diiringi dengan berbagai penyakit yang menggerogoti tubuhnya. Ketidaknyamanan fisik inilah yang menyebabkan mereka terserang insomnia.

Nah itu tadi 5 faktor penyebab insomnia pada lansia, buat kalian yang mempunyai kakek dan nenek dirumah tolong dijaga dengan baik ya. Segera periksakan kedokter ketika mereka mulai rentan terkena penyakit-penyakit.



Halaman Berikutnya
loading...

0 Response to "5 Penyebab Insomnia Pada Orang Lanjut Usia"

Post a Comment