5 Hal Yang Menyebabkan Seseorang Makan Berlebihan

loading...
Kebanyakan dari setiap orang melampiaskan emosi nya melalui makanan. Jika sudah sudah seperti itu biasanya seseorang tanpa sadar menyantap makanan apa saja yang ada didepan mereka dan terkadang sangking tidak sadarnya mereka mengonsumsinya tanpa henti. Hal ini jelas mengundang peratnyaan, apa mereka itu sedang stress? Atau apa mereka itu orang gila?

Emitonal Eating

Berbagai macam pertanyaan dari orang lain ketika kita tidak bisa mengontrol diri hal ini lah yang disebut dengan emotional eating. Apa saja sih penyebab seseorang bisa mengalami hal itu? Yuk langsung saja kita simak 5 penyebab terjadinya emotional eating atau ornag yang sulit mengontrol diri sendiri :

1. Sikap tidak peduli
Dengan emosi yang tinggi seringkali membuat seseorang tanpa sadar menyantap semua makanan yang ada didepan mereka, hal ini disebabkan oleh sikap ketidakpedulian dari diri mereka. Namun hal ini tidak akan baik bagi mereka karena hanya membuat heran semua orang dan membuat orang bertanya-tanya, “apa mungkin orang itu stress?”. Nah pasti gak mau kan dianggap seperti itu, maka dari itu belajarlah menghargai diri sendiri dan mengontrol diri jangan terbawa emosi sehingga tanpa sadar harus menelan banyak makanan masuk kedalam mulut, terlebih lagi jangan menghakimi diri sendiri. Bersikap bijaklah.

2. Makanan sebagai kesenangan pribadi
Membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan kesukaan setiap harinya tidaklah baik pada diri anda karena jika makanan yang disukai atau divaforitkan akan membuat anda susah untuk mengontrol makanan yang anda makan dan akhirnya menimbulkan masalah emotional eating. Bagian orang berpikir bahwa makanan itulah yang bisa membuang kejenuhan mereka namun tidak semuanya, karena makanan yang banyak mengandung gula dan lemak dapat menghantarkan anda pada Opioid.
Opioid adalah bahan aktif yang terdapat didalam kokain,heroin dan narkotika. Jika mengonsumsi eskrim dan makanan-makanan ringan  anda akan mendapatkan efek ketenangan. Hal ini seharusnya dihindari dan cobalah untuk merefresh otak dengan cara jalan-jalan diluar rumah. Jika hal itu masih sulit bagi anda untuk mengatasi emotional eating mungkin anda harus memaklumi diri anda dan berusaha menyadarinya.

3. Kesulitan mengatasi perasaan negatif
nah bagi anda yang mudah sekali mempunyai pikiran negatif akan rentan sekali dengan masalah emotional eating. Hilangkanlah segala pikiran buruk, dan jangan sekali-kali anda simpan didalam hati karena jika anda sendiri tidak bisa mengontrol rasa marah, sedih atau jenuh ini akan mudah sekali mebuat emosi anda tidak terkontrol. Jadi belajarlah untuk memahami diri sendiri dan soal galau buang aja deh jauh-jauh gak penting juga kali kalau hanya akan memperburuk keadaan.

4. Membenci tubuh sendiri
Dengan membenci diri sendiri dapat mengahantarkan anda pada masalah emotional eating karena emosi dalam diri yang tidak bisa dikuasai akan berdampak dan membuat and alebih memilih makan dan makan makanan apa saja yang ada disekitar kalian. Jadi belajarlah untuk menerima kekurangan dan lelebihan tubuh anda sendiri karena setiap tubuh itu sudah diatur segala keindahannya. So ngapain harus pusing mending tetap bersyukur itu akan sangat lebih baik.

5. Psikis
melupakan waktu makan dan perut akan terasa lapar juga salah satu menjadi pemicu mudahnya anda mengalami emotional eating. Perut yang lapar akan mudah sekali meningkatkan emosi anda sehingga anda mengemil makanan ringan dan hal ini akan membuat anda terus menerus mengonsumsi makanan ringan tersebut tanpa bisa mengontrolnya.
Ada solusinya yaitu atasi masalah psikis ini dengan cara bebaskan diri anda dan istirhatkanlah ketika tubuh sudah mulai lelah dan konsumsilah makanan yang tepat waktu dan sehat. Hal ini bisa anda lakukan jika anda tidak ingin terkena masalah emotional eating.

Nah bagi anda yang tidak tahu akan hal ini, maka inilah 5 hal yang membuat anda tanpa sadar mengonsumsi makanan dan sangat sulit untuk mengontrolnya. Harus benar-benar dihindari ya guys jika ingin terbebabs dari masalah emotional eating. Pintar-pintarlah untuk menjaga kesehatan tubuh dan jangan menunda-nunda makan karena hal itu akan berdampak pada diri anda sendiri emosi yang tinggi dan melampiaskannya pada makanan-makananan, padahal makanan tersebut belum tentu dapat menenangkan mereka dengan jangka waktu yang lama.
loading...


Halaman Berikutnya

0 Response to "5 Hal Yang Menyebabkan Seseorang Makan Berlebihan"

Post a Comment