4 Dampak Negatif Akibat Kurang Tidur Yang Jarang Diketahui

Apakah anda sering begadang ? jika iya maka mulai saat ini segera hentikan kebiasaan buruk tersebut karena apabila hal ini dilakukan terus menerus maka akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh sehingga lambat laun akan menimbulkan berbagai penyakit yang bisa membuat nyawa anda melayang.

Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh membutuhkan waktu yang cukup untuk istirahat agar bisa memperbaiki sel-sel secara sendiri sehingga tubuh akan selalu segar dan bugar. Walaupun begadang tidak langsung menimbulkan penyakit serius pada hari itu juga tetapi setidaknya seseorang yang kurang tidur akan mengalami 4 dampak dampak negatif ini.

4 Dampak Negatif Akibat Kurang Tidur Yang Jarang Diketahui


1. Mudah lapar
Jika anda sering begadang maka tanpa disadari tubuh akan mudah lelah, hal ini dikarenakan tubuh kekurangan jam tidur sehingga organ-organ didalam tubuh anda tidak bisa bekerja secara optimal dan terganggu karena jam biologisnya berubah. Selain itu menurut penelitian mengatakan bahwa, seseorang yang kurang tidur produksi hormon ghrelin nya akan meningkat sehingga akan memicu rasa lapar sehingga hal inilah yang menyebabkan anda mudah lapar. Bagi anda yang sedang menjalani program diet tentu saja harus menghindari begadang dan tidur yang cukup agar tidak mudah lapar nantinya.

2. Cengeng
Anda boleh percaya atau tdak, ternyata seseorang yang kekurangan tidur juga bisa mempengaruhi emosinya sehingga mereka menjadi cengeng dan moodnya pun naik turun. Saat tubuh kekurangan istirahat maka sebanyak 60 persen dari bagian dari otak akan menjadi lebih reaktif akan segala hal, yang imbasnya membuat perasaan jadi lebih sensitif.

3. Ceroboh
Tidak hanya hal di atas ternyata kurang tidur juga membuat seseorang menjadi cerobah dalam bertindak. Menurut Clete Kushida, MD, Ph.D., seseorang yang kurang tidur maka otaknya akan lambat merespon setiap gerakan sehingga akan mempengaruhi gerak orang tersebut.

4. Pikun
Pikun merupakan salah satu penyakit yang wajar dan dialami oleh setiap orang yang telah memasuki usia lanjut. Namun lain ceritanya apabila kita masih muda tetapi sudah pikun hingga terkadang membuat jengkel diri sendiri maupun orang lain karena sering lupa. Ternyata pikun di usia muda disebabkan karena kurangnya tidur sehingga kemampuan kognitif kita berkurang karena otak kekurangan istirahat.

Baca Juga :
  1. Mengenal Penyakit Meningitis Yang Menyebabkan Olga Syahputra Meninggal  
  2. 4 Gangguan Kesehatan Yang Diakibatkan Oleh Stres  
Itulah 4 dampak negatif akibat kurang tidur yang diketahui oleh orang banyak. Begadang setiap malam sangat tidak baik bagi kesehatan, tubuh membutuhkan istirahat setelah beraktivitas seharian. So, jangan siksa tubuh anda.



Halaman Berikutnya
loading...

0 Response to "4 Dampak Negatif Akibat Kurang Tidur Yang Jarang Diketahui"

Post a Comment