Inilah Manfaat, syarat Dan Tips Agar Tetap Sehat Sesudah Donor Darah

loading...
Donor darah merupakan proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah untuk kemudian digunakan pada transfusi darah. Darah yang kita donorkan tersebut sangat berarti bagi mereka yang sedang membutuhkan dan bahkan bisa menyelamatkan nyawa seseorang. Nah selain hal ini bisa menolong sesama, ternyata donor darah juga memiliki memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita loh.

Namun sayangnya, walaupun kegiatan ini menyehatkan tetapi masih banyak orang yang enggan untuk mendonorkan darah mereka karena berbagai alasan yaitu seperti takut melihat darah dan takut terhadap jarum dan memang kita tidak bisa juga untuk memaksakan semua orang untuk mendonorkan darah mereka karena hal ini bersifat sukarela dan kesadaran dari masing-masing orang.

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Walaupun donor darah terbuka bagi semua siapa saja tetapi ternyata ada beberapa syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh peserta donor darah agar tidak terjadi hal-hal yang di inginkan nantinya. Nah jika anda ingin mendonorkan darah maka cob abaca tulisan dibawah ini dahulu mengenai manfaat, syarat dan tips sehat sesudah mendonorkan darah. 

Baiklah untuk pertama kita harus mengerti syarat-syarat apa saja sih yang harus dipenuhi sebelum mendonorkan darah.

#Syarat Melakukan Donor Darah


• Umur minimal 17 tahun.

• Berat badan minimal 45 kg.

• Temperatur tubuh normal, antara 36,6 - 37,5 derajat Celsius.

• Tekanan darah normal, yaitu sistole 110 - 160 mmHg, diastole 70 - 100 mmHg.

• Denyut nadi teratur, yaitu sekitar 50 - 100 kali/ menit.


• Haemoglobin wanita minimal 12 gram%, pria minimal 13 gram%.

• Frekuensi donor darah maksimal 5 kali setahun, atau berjarak minimal 3 bulan. Kemudian setelah memenuhi syarat diatas maka lakukan langkah berikut sebelum mendonorkan darah agar nantinya anda tetap sehat dan kualitas darah yang didonorkan akan bagus.

# Tips persiapan sebelum donor darah : 

1. Beberapa hari sebelum donor, konsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi misalnya sayuran berwarna hijau ( bayam ), daging merah, ikan, unggas, kacang-kacangan.

2. Untuk yang bermasalah dengan HB rendah, selama beberapa hari sebelum donor jangan minum kopi /teh karena akan membuat HB sulit bertambah.

3. Minum banyak air, jangan berpuasa sehari sebelum donor darah dan hindari alkohol atau kebiasaan buruk lainnya.

4. Usahakan cukup tidur, jangan begadang beberapa hari sebelum donor supaya tensi normal dan tubuh fit.

5. Pada hari akan donor harus sarapan kira-kira 1 jam sebelum melakukan donor.

6. Konsumsi makanan sehat sebelum mendonor. Hindari makanan berlemak, seperti hamburger, kentang goreng atau es krim. Tes infeksi dilakukan pada semua darah yang disumbangkan dapat dipengaruhi oleh lemak yang muncul dalam darah selama beberapa jam setelah makan makanan berlemak.

7. Untuk donor trombosit, ingatlah bahwa tubuh harus bebas dari aspirin selama dua hari sebelum donor.

8. Setelah selesai mendonor berbaringlah sebentar untuk menghindari efek samping yang mungkin muncul. Biasanya kalau kurang persiapan donor, efek yang mungkin muncul adalah kesemutan di bibir / hidung, menggigil.

 Nah setelah melakukan persiapan diatas maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan ketika sesudah mendonorkan darah adalah sebagai berikut agar tubuh tetap sehat.

# Tips sesudah donor darah : 

1. Minum banyak air selama 48 jam berikutnya karena tubuh memerlukan pengganti cairan yang hilang saat donor darah.

2. Hindari aktivitasi fisik yang berat seperti olahraga atau angkat berat selama sekitar 5 jam setelah donor darah.

3. Jika pusing atau melayang, tetaplah berbaring dengan posisi kaki lebih tinggi dari kepala.

4. Jika terjadi pendarahan di lengan setelah perban dilepas, angkat tangannya selama 3-5 menit.

5. Jika ada memar di bawah kulit / hematom (warna merah, ungu, hijau), kompreslah lebam secara berkala dalam 24 jam.

6. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi yaitu yang mengandung zat besi ( bayam, daging merah, kacang-kacangan ), asam folat ( hati, bayam, brokoli ), vitamin B2 ( kacang-kacangan, susu, yoghurt ) dan B6 ( pisang, kacang-kacangan, daging merah, ikan, telur ) untuk mengisi kembali kehilangan zat besi dan vitamin dari dalam darah/ tubuh.

Jika langkah diatas sudah anda pahami maka sekarang saatnya kita membahas mengenai manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh. Penasaran apa saja manfaatnya ? yuk langsung saja kita simak tulisan dibawah ini.

#manfaat Donor Darah


1. Menjaga kesehatan jantung
Jantung merupakan salah satu organ vital bagi manusia sehingga harus benar-benar dijaga kesehatanya dengan cara menerapkan pola makan dan hidup yang sehat dan berolahraga. Namun selain hal diatas ternyata donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan jantung anda karena jumlah zat besi didalam darah cenderung stabil.

Seperti yang diketahui bahwa kadar zat besi yang tinggi didalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol dan produk dari oksidasi ini akan menumpuk didinding arteri sehingga hal ini memperbesar peluang anda terkena penyakit jantung dan stroke.

2. Meningkatkan produksi sel darah merah
Tak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah, karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang. Hasilnya, sebagai pendonor kita akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali kita mendonorkan darah.

3. Membantu penurunan berat tubuh
Bagi anda yang sedang menjalani program diet maka donor darah juga bisa dijadikan alternative untuk menurunkan berat badan karena hanya dengan memberikan sekitar 450 ml darah maka hal tersebut sudah membakar kalori sebanyak 650 kl didalam tubuh sehingga pinggang anda akan terlihat ramping.

4. Mendapatkan kesehatan psikologis
Menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis. Sebuah penelitian menemukan, orang usia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar.

5. Mendeteksi penyakit serius
Donor darah juga bisa membantu anda untuk mendeteksi berbagai penyakit lainya didalam tubuh sehingga anda akan bisa mengetahui kondisi kesehatan tubuh. Biasanya darah yang kita donorkan akan diperiksa terlebih dahulu sehingga apabila ada kelainan atau penyakit maka dengan segera kita akan tahu dan cepat mengatasinya.

Itulah manfaat, syarat dan tips agar tetap sehat sesudah donor darah. Mudah-mudahan penjelasan diatas memberikan sedikit gambaran pada anda agar tidak takut lagi untuk mendonorkan darah karena selain mendapatkan pahala ternyata hal ini juga bermanfaat bagi kesehatan kita
loading...


Halaman Berikutnya

0 Response to "Inilah Manfaat, syarat Dan Tips Agar Tetap Sehat Sesudah Donor Darah"

Post a Comment