Inilah Ciri-Ciri Remaja Yang Mengalami Depresi

Masa remaja merupakan salah satu masa dimana ketika seseorang mulai berubah dari anak-anak menuju dewasa sehingga sangat rentan mengalami depresi apabila perubahan ini tidak disikapi dengan baik. Pada masa ini seseorang akan merasa terombang-ambing dan sangat mudah terpengaruh oleh pergaulan dan lingkungannya sehingga sangat mungkin terjebak kedalam hal-hal yang negatif.

Selain itu, suasana hati para remaja terbilang sangat labil sehingga hal ini membuat mereka menjadi rentan stres dan apabila tidak diatasi dengan cepat maka lama kelamaan akan berkembang menjadi depresi. Nah, seorang remaja yang terkena depresi biasanya akan nekat dan mempunyai pikiran yang pendek sehingga hal ini sungguh sangat berbahaya baik bagi kesehatan fisik maupun kesehatan jiwa mereka sehingga di sinilah peran orang tua sangat dibutuhkan.

ciri-ciri remaja depresi

Apa saja ciri-ciri remaja yang mengalami depresi ? yuk kita simak tulisan dibawah ini.

1. Kurang Menikmati Aktivitas
Masa remaja merupakan masa dimana seseorang menjadi sangat aktif karena mereka serba ingin tahu dan selalu sibuk dengan hobi maupun kegiatan lainnya seperti pergi bersama teman-teman dan nongkrong adalah hal yang wajib bagi para remaja.

Namun apabila seorang remaja mulai menarik diri dari pergaulan dan mulai merasa tidak nyaman jika pergi bersama teman-temannya maka hal ini bisa jadi satu pertanda bahwa dia sedang mengalami depresi. Selain itu , biasanya remaja yang mengalami depresi akan kehilangan minat terhadap aktivitas apapun.

2. Kurang Motivasi
Seorang remaja yang mengalami depresi biasanya seperti orang yang kehilangan tenagan, mereka selalu lesu, lemas dan merasa cepat putus asa. Hal ini merupakan salah satu dampak depresi yaitu menurunkan energi seseorang sehingga ia akan mudah lelah. Nah, di sinilah peran orang tua dan orang terdekat sangat dibutuhkan untuk memotivasi sang remaja agar semangatnya kembali lagi seperti semula dan ia pun merasa percaya diri kembali.

3. Kurang Konsentrasi
Pada masa remaja merupakan masa emas seseorang dan otaknya masih sangat cemerlang sehingga sangat mudah menyerap ilmu yang diberikan oleh para guru. Tetapi hal ini malah sebaliknya apabila seorang remaja mengalami depresi maka ia akan kesulitan untuk berkonsentrasi, hal ini disebabkan karena pikiran mereka selalu dipenuhi hal-hal yang negatif sehingga tanpa disadari akan membuat mereka selalu pesimis.

4. Terbangun Malam
Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang sering terbangun tengah malam, tetapi hal ini bisa saja merupakan salah satu pertanda bahwa seseorang terkena depresi terutama bagi remaja. Biasanya remaja yang mengalami depresi akan selalu berpikiran yang negatif sehingga hal ini akan terbawa hingga sampai mereka tidur dan membuat tidur malam mereka menjadi terganggu.

Selain itu, hal ini juga dipengaruhi oleh kelainan kadar kortisol dan hormon stres pada remaja yang mengalami depresi sehingga berdampak pada jam tidur mereka seperti sering terbangun tengah malam hingga susah tidur.

5. Perubahan Berat Badan
Penurunan berat badan yang drastis merupakan salah satu pertanda bahwa seorang remaja mengalami depresi. Saya rasa semua orang yang banyak pikiran akan mengalami masalah pada nafsu makanya sehingga hal ini akan berdampak pada berat badan mereka. Lain hal nya apabila remaja tersebut memang menjalani program diet maka hal ini bukan pertanda di sedang depresi loh, jadi jangan salah penafsiran ya.

6. Konsumsi Alkohol dan Obat Terlarang
Remaja yang terkena depresi biasanya akan sangat mudah terjerumus kepada hal-hal yang negatif seperti minum-minuman keras bahkan menggunakan obat-obat terlarang. Hal ini mereka lakukan sebagai pelampiasan dari rasa sakit dan kesepian yang mereka rasakan, walaupn hal tersebut hanya sebagai pelarian semata tetapi tanpa disadari mereka telah terjerumus jauh kedalam lembah keterpurukan.

Itulah ciri-ciri remaja yang terkena depresi yang harus anda ketahui agar siapapun yang merasakan hal seperti diatas maka usahakan secepat mungkin meminta bantuan kepada orang terdekat maupun keluarga agar tidak berlarut-larut. So, jadilah remaja yang cerdas sehingga bisa menjadi generasi unggul yang bisa memajukan bangsa.



Halaman Berikutnya
loading...

0 Response to "Inilah Ciri-Ciri Remaja Yang Mengalami Depresi"

Post a Comment