Inilah Alasan Mengapa Kantung Plastik Berisi Air Bisa Mengusir Lalat

loading...
Apakah anda pernah makan dipinggir jalan atau warung makan sederhana lainnya ? jika pernah maka sudah tak heran lagi apabila kita sering melihat kantong plastik yang berisi air kemudian digantung diwarung-warung makan tersebut. Ya, ternyata hal ini merupakan salah satu cara ampuh untuk mengusir lalat-lalat agar tidak hinggap diwarung mereka. Anda sudah tahu dong, siapa sih yang mau singgah di warung makan yang banyak lalatnya ? saya rasa semua orang tidak ingin singgah diwarung makan tersebut karena terkesan jorok sehingga bisa menghilangkan selera makan.

Cara Ampuh Mengusir Lalat

Nah, mungkin anda penasaran mengapa lalat kok bisa pergi hanya gara-gara kantong plastik berisi air yang digantung. Lalat memiliki konstruksi mata yang unik yakni mata majemuk yang menempati sebagian besar kepalannya. Selain itu, ada juga tiga mata diantara dua mata majemuk tersebut. Banyak juga ya mata si lalat ini ? iya, memang demikian mata ini memiliki kesadaran sensorik yang sangat baik dan memiliki maneuver udara yang sangat cekatan. Hal inilah yang membuat lalat sangat sulit untuk dipukul.

Lalat memiliki sepasang mata besar yang kompleks dan setiap mata kompleks tersebut memiliki 3000 sampai 6000 mata sederhana. Walaupun demikian lalat tidak bisa fokus terhadap sebuah objek tertentu dilingkunganya, tetapi hewan yang satu bisa melihat hampir ke segala arah. Aneh ya ? iya memang begitulah kenyataannya. Selain itu, lalat ini juga memiliki mata tambahan yaitu yang biasa disebut dengan Ocelli dan memiliki fungsi seperti kompas sehingga lalat tidak nyasar ketika terbang. Mata tambahan ini terletak diantara dua mata majemuk dan akan berkerja maksimal didaerah yang diterangi oleh sinar matahari.

Nah, kantong plastik yang berisi air dan digantung diwarung-warung makan ini akan mebiaskan cahaya sehingga cahaya yang datang dan melewati air didalam kantong plastik tersebut akan dibelokan. Dengan demikian bayangan yang muncul juga akan bergeser dari letak objek sebenarnya. Pembiasan ini yang mendasari penggunaan kantong plastik air.

Pembiasan terjadi ketika objek yang jelas atau buram, seperti sepotong kaca atau kantong air mengubah arah dan kecepatan cahaya. Ilusi optik ini yang diharapkan dapat membuat bingung lalat sehingga terbang menjauh.

Bagaimana apakah anda sudah tahu sekarang alasan mengapa kantung plastik berisi air bisa mengusir lalat. Jadi hal ini dilakukan oleh para pedagang murni hanya untuk mengusir lalat bukan untuk penglaris seperti mitos yang sering beredar dimasyarakat. Selain mudah, cara ini juga sangat efektif karena tidak mengeluarkan banyak biaya dan tenaga.
loading...


Halaman Berikutnya

0 Response to "Inilah Alasan Mengapa Kantung Plastik Berisi Air Bisa Mengusir Lalat"

Post a Comment