Lima Golongan Yang Terbebas Dari Siksa Kubur

Tuhan sudah menciptakan berbagai makhluk didunia ini, diantaranya adalah manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Manusia adalah makhluk yang sempurna yang diciptakan oleh Allah. Sebab itulah manusia diberi akal dan pikiran agar mereka lebih bisa bertahan hidup dan bekerja untuk kebutuhan sehari-hari mereka.

Lima Golongan Yang Terbebas Dari Siksa Kubur


Bukan hanya itu manusia diciptakan didunia juga untuk mencari ridho Tuhannya, dengan cara menjalani segala perintah tuhan dan menjauhi segala laranganNya. Sebab setiap manusia yang hidup itu pasti akan mati. Ketika ajal menjemput bukan berarti manusia terbebas dari masalah-masalah, justru akan banyak masalah yang akan kamu hadapi ketika mati.

Menurut Al-Qur’an dan hadist, setiap orang yang sudah menemui ajalnya pasti akan ditanyai di alam kubur oleh kedua malaikat Allah SWT yaitu Munkar dan Nankir.  Pertanyaan tersebut adalah siapa Tuhanmu? Apa Agamamu? Siapa Nabimu? (HR. Bukhari dan Muslim).  Maka dari itu manusia diharuskan untuk mengenal Tuhannya, Agamanya, dan Nabinya.

Jika kita tidak bisa menjawab pertanyaan malaikat dialam kubur maka kedua malaikat akan marah dan memberikan siksa yang begitu menyakitkan. Ya, kita hidup didunia semata-mata hanyalah mencari Ridho Allah. Nah ada beberapa golong yang terbebas dari pertanyaan malaikat dialam kubur. Siapa sajakah? Yuk simak lima golongan berikut ini :

1. Golongan Manusia Yang Mati Syahid
Dari sebuah riwayat dari Rasyid bin Sa’ad bahwa ada seseorang yang bertanya pada Nabi Muhammad " Wahai Rosulullah SAW, Mengapa orang beriman akan diuji dalam kubur, kecuali para syuhada? Beliau menjawab, kilatan pedang yang berkelabat diatas kepala mereka sudah cukup menjadi ujian bagi mereka.”

Nah jadi golongan ini adalah golongan yang membuat para syuhada terbebas dari pertanyaan malaikat dialam kubur. Karena orang yang mati syahid adalah orang yang berperang demi membenarkan ajaran Allah.

2. Golongan Yang Berjaga Ditapal Batas Wilayah Muslim Untuk Mencegah Serangan Musuh Karena Allah.
Orang yang selalu menjaga kaum muslimin dari para musuh laknatullah kemudia meninggal, maka dia akan dibebaskan dari fitnah kubur.  Rosulullah bersabda, “ Ribath sehari semalam lebih baik dari puasa dan shalat malam sebulan. Kalau seseorang mati dalam kodisi seperti ini, amalnya akan mengalir dan dicurahkan rizki atasnya serta dijamin ”. MasyaAllah ternyata sungguh besar nikmat Allah. ( HR. Tirmidzi dan Abu Daud )

3. Orang Yang Meninggal Karena Sakit Perut
Abu Ishaq As-Syu’aiby berkata, Sulaiman bin Shord berkata kepada Khalid bin Urfathah atau sebaliknya, Khalid berkata kepada Sulaiman “ Apakah kamu mendengar Rosulullah SAW besabda, “Barang siapa meninggal karena sakit perut, tidak akan diazab didalam kuburnya”. Salah seorang dari mereka menjawab “Ya”.

Selain itu Abu Daud juga mengeluarkan Hadist secara Marfuu’, Siapa mati karena penyakit perutnya tidaklah dia disiksa didalam kubur”. Juga Riwayat Ibnu Majaah Al Baihaqi dan At- Turmudzi dimana dia menganggap itu Hasan. Allahu A’lam bishowaf.

4. Orang Yang Sering Membaca Surat Al-Mulk
Orang yang membaca dan mengamalkan surah Al-Mulk dengan sungguh-sungguh adalah orang yang terhidar dari siksa kubur. Jadi ketika selama hidupnya dia sering membaca dan mengamalkan Surah ini akan membebaskan dirinya dari pertanyaan-pertanyaan malaikat. Rosulullah SAW seringkali mengamalkan Surah ini dan beliau menyebutkan bahwa surah ini “AL-Maani’ah (pencegah, penahan dari siksaan).

“Barang siapa yang Setiap malamnya membaca Tabaarakk..., maka dia akan ddicegahkan oleh Allah Azza Wa Jalla dari siksa kubur”. (HR. An-Nasaa’i melalui Ibnu’ Abbas).

5. Meninggal Pada Hari Jum’at
Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada seorang Muslim yang meninggal pada hari Jum’at atau malam jumat kecuali Allah pasti akan menjaganya dari fitnah kubur.”

Dalam hadits Abdullah ibn Amru, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap Muslim yang meninggal pada hari Jum’at akan dijaga oleh Allah dari fitnah kubur.” [HR. Ahmad dan Tirmidzi; Dinyatakan kuat oleh syaikh al-Albâni rahimahullah dalam Ahkâmul Janâiz, hlm. 35]

Nah itulah lima golongan yang terbebas dari siksa kubur. Sudah taukan amalan-amalan apasaja yang mesti kita lakukan selama hidup didunia agar terhindar dari siksa kubur? Nah, mari mulai saat ini kita amalkan kebaikan dan terus berjuang dijalan Allah agar Allah senantiasa memberikan jalan mudah ketika kita sudah meninggal dunia. Semoga bermanfaat.



Halaman Berikutnya
loading...

2 Responses to "Lima Golongan Yang Terbebas Dari Siksa Kubur"

  1. semoga saya , pria-pria beriman dan wanita-beriman termasuk ke dalam golongan tersebut. aminnn ya Robb

    ReplyDelete