Tak Banyak Yang Tahu, Selain CIA Ternyata 5 Organisasi Intelijen Ini Termasuk Paling Hebat di Dunia. No.3 Paling di Takuti !

loading...
Jika Anda sering menonton film-film spionase maka sudah pasti tidak asing lagi dengan CIA, sebuah organisasi yang memiliki agen-agen rahasia terhebat. Ternyata apa yang kita tonton di televisi tersebut bisa dikatakan adalah kenyataan, para agen-agen CIA memang hebat-hebat dan pintar di dunia nyata seperti yang digambarkan dalam film-film spionase.



Mereka sangat jarang melakukan kesalahan apalagi gagal didalam melakukan tugas. Tak hanya mampu mengumpulkan informasi secara akurat, mereka bahkan bisa menyusun strategi-strategi jitu. Termasuk untuk meruntuhkan sebuah pemerintahan sekalipun.

Nah tetapi tahukah Anda ternyata selain CIA, ternyata ada beberapa organisasi intelijen lainnya yang juga tak kalah hebat dari CIA. Gak percaya ? silahkan simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

1. ISI di Pakistan
Jangan salah sangka dulu ISI di sini tidaklah sama dengan ISIS, kelompok teroris. ISI adalah kepanjangan dari Inter-Services Intelligence yaitu sebuah organisasi intelijen yang paling besar di pakistan. Organisasi ini dibentuk pada tahun 1948, hingga sampai saat ini sudah banyak melakukan misi-misi penting.

Salah satu misi yang melibatkan ISI ini adalah ketika membantu mujahidin Afghanistan dalam konfrontasi mereka melawan Uni Soviet. Bahkan bukan hanya itu saja, ISI juga turut andil terjadinya perang saudara di Afghanistan.

ISI dikecam kala itu oleh banyak negara karena terbukti membantu Taliban dengan menyediakan dukungan strategi. ISI dikenal punya taring dan mereka benar-benar diperhitungkan bahkan oleh agen sekelas Mossad atau CIA.

2. BND di Jerman
Jerman juga memiliki organisasi intelijen paling hebat didunia yang bernama BND. Organisasi ini berdiri di bawah kanselir dan punya berbagai macam autoritas yang meluas. Entah kewenangan penegakan hukum sampai memerangi terorisme.

Agen BND ini tersebar ke lebih 100 negara, masing-masing agen terus bekerja tanpa henti didalam mengkoleksi informasi-informasi penting. BND diketahui tak pandang bulu soal subyek yang dimata-matai. Bahkan mereka pernah dikabarkan tengah mengintai FBI dengan tujuan tertentu.

3. Mossad di Israel
Ini salah satu agen terbaik yang paling di takuti di dunia. Hampir setiap misi yang mereka jalankan tidak pernah gagal, padahal jumlah agen mereka hanya 1200 orang. Meskipun jumlahnya terbilang kecil tetapi aksi dan strateginya mampu berbuah hal-hal besar yang mengguncangkan dunia.
Mossad dibentuk pada tahu 1949, dengan tujuan utama adalah untuk mengawasi pergerakan negara-negara Arab. Sejak awal dibentuk hingga sekarang, sudah banyak operasi yang mereka lancarkan. Misalnya deretan huru-hara Timur Tengah sampai isu pembentukan ISIS yang mereka kerjakan bersama CIA.

4. MI6 di Inggris
M16 atau yang juga dikenal dengan SIS (Secret Intelligence Service) juga termasuk organisasi intelijen terhebat didunia. Mereka ini adalah ujung tombak Inggris, tanpa adanya organisasi ini maka bisa dipastikan Inggris tidak sejumawa sekarang ini. Prestasi terbaik MI6 tentu saja dengan membuat Inggris sebagai salah satu pemenang di Perang Dunia I atau pun II.

M16 ini bisa dikatakan hampir sama dengan CIA, suka mencampuri urusan negara lain. Mereka melakukan trik-trik tersendiri untuk bisa mengambil keuntungan dari negara lain. Salah satu misi kontroversial mereka adalah penggulingan pemerintah Iran pada masa kepemimpinan Mohammed Mossadeq.
Penyebabnya, pemerintah Iran ketika itu menasionalisasi tambang minyak yang kepemilikannya ada di tangan seorang Menteri Inggris. MI6 pun melancarkan strateginya hingga akhirnya berbuah runtuhnya pemerintahan Mossadeq.

5. GRU di Rusia
Dan kemudian organisasi intelijen terhebat yang kelima yaitu GRU di Rusia. Mungkin organisasi kurang familiar di telinga Anda, tetapi kalau soal aksi mereka jagonya. Sejak dibentuk pada tahun 1918, mereka sudah melakukan ratusan bahkan ribuan kali aksi spionase. Di setiap menjalani tugasnya, GRU selalu mendapatkan dukungan dari tentara spesial Rusia dan di bekali dengan peralatan canggih.

Hal yang paling diingat dari GRU ini adalah skandal salah satu anggotanya. Ketika itu salah satu agen yang ternyata membelot ke barat dan kemudian membocorkan informasi tentang nuklir rahasia Rusia. Pada akhirnya aksi agen pengkhianat ini ketahuan dan membuatnya dihukum mati. Aksi membelot itu sendiri hampir membuat Amerika dan Rusia perang nuklir. GRU yang sekarang bisa dibilang lebih rapi, mereka punya ribuan anggota yang tersebar ke seluruh dunia.

Itulah 5 organisasi intelijen paling hebat didunia selain CIA. Hmmm kira-kira Indonesia bisa gak ya menciptakan organisasi hebat seperti ini ?
loading...


Halaman Berikutnya

0 Response to "Tak Banyak Yang Tahu, Selain CIA Ternyata 5 Organisasi Intelijen Ini Termasuk Paling Hebat di Dunia. No.3 Paling di Takuti !"

Post a Comment