Cuma Pake Tusuk Gigi dan Kunyit, Kamu Bisa Bedakan Bakso Yang Menggunakan Borak dan Tidak. Pecinta Bakso Wajib Baca, Begini Cara Tesnya !

loading...
Bakso adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia, bahkan kita bisa dengan mudah menemukan makanan yang satu ini karena memang hampir di setiap pasar ada orang yang berjualan bakso. Bukan hanya dipasar, terkadang ada juga tukang bakso gerobak yang berjualan keliling di sekitar komplek rumah kita.



Rasanya yang enak serta mengenyangkan membuat bakso sangat digemari, apalagi disaat cuaca sedang dingin-dingin maka bakso akan menjadi makanan andalan.

Karena pada saat ini sudah banyak sekali orang yang berdagang bakso maka tentu saja persaingan akan semakin ketat. Ada beberapa pedagang bakso nakal yang terkadang menghalalkan segala cara, mereka nekat mencampur bakso buatannya dengan borak. Tujuannnya agar bakso yang mereka jual bias terasa lebih kenyal dan awet di simpan dalam waktu yang lama.

Padahal borak bukanlah makanan, apabila masuk kedalam tubuh maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Mengkonsumsi makanan yang mengandung borak dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan kerusakan pada organ tubuh kita, bahkan bisa merenggut nyawa kita.

Sayangnya bakso yang dicampur borak dengan yang tidak dicampur sangat susah dibedakan. Anda perlu ke laboratrium untuk menguji kandungan yang terdapat didalam bakso. Tentu saja ini sangat ribet bukan ? karena tidak mungkin kita harus cek ke laboratrium satu-satu setiap akan membeli bakso. Selain ribet, tentunya membutuhkan biaya yang mahal untuk cek ke laboratrium.

Lantas bagaimana cara kita membedakan bakso yang mengandung borak dengan bakso yang tidak mengandung borak tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak ? tenang, Anda bisa mencoba cara mudah hasil temuan dua siswi SMAN 3 semarang, Dayu Laras Wening serta Luthfia Adila ini.

Mereka sudah temukan langkah mendeteksi borak yang terdapat pada makanan lewat cara yang begitu mudah serta praktis, yaitu cuma dengan tusuk gigi dan kunyit.

Begini Caranya

1. Tusukkan tusuk gigi pada kunyit terlebih dulu, lalu tusukkan pada makanan yang bakal diuji.
2. Sesudah kira-kira 5 detik, jadi bakal terlihat apakah makanan itu mengandung borak atau tidak.
3. Kunyit bakal bereaksi pada bahan kimia termasuk juga borak yakni dengan pergantian warna.
4. Apabila makanan mengandung borak, jadi tusuk gigi itu bakal berwarna merah.

Bagaimana mudah bukan ? kita harus berterima kasih kepada Dayu serta Luthfia karena penemuannya ini kita bisa dengan muda membedakan bakso yang memakai borak dan tidak. Oh iya, kedua siswi ini menamakan temuannya itu dengan SIB0DEX (stick of boraks detector).

Temuannya mereka ini berhasil menyabet medali emas pada International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2014, satu ajang pertandingan inovasi anak.
loading...


Halaman Berikutnya

0 Response to "Cuma Pake Tusuk Gigi dan Kunyit, Kamu Bisa Bedakan Bakso Yang Menggunakan Borak dan Tidak. Pecinta Bakso Wajib Baca, Begini Cara Tesnya !"

Post a Comment