Menangis Bukan Berarti Cengeng, Justru Bagus Untuk Kesehatan. Ini 4 Manfaatnya !

Menangis sering kali identik dengan sikap cengeng, apalagi jika pria yang menangis maka itu dianggap sebagai suatu “aib” yang memalukan. Perlu untuk kita ketahui bahwa orang yang menangis bukan berarti mereka cengeng, wajar jika seseorang menangis saat sedang emosional atau sedih bahkan terkadang tanpa disadari tiba-tiba saja kita meneteskan air pada pada kondisi tersebut.



Nah, untuk itu Anda tidak perlu lagi malu atau takut dibilang cengeng karena memang sebaiknya ketika kita ingin menangis maka menangislah dan jangan ditahan ataupun dicegah. Selain membuat kita menjadi merasa lega, menangis juga memiliki manfaat luar biasa lainnya bagi kesehatan tubuh kita. Gak percaya ? mari silahkan simak apa saja manfaat dari menangis di bawah ini.

1. Membuang Racun dari Dalam Tubuh
Air mata biasanya keluar saat kita sedang stres. Seperti yang dikutip oleh familyshare.com, hal ini terjadi karena menangis bisa membuang racun yang disebabkan stres (seperti senyawa kimia leucine-enkephalin) yang membantu meredakan rasa sakit. Menangis bisa membantu tubuh mengeluarkan racun-racun yang merusak tubuh dan emosi. Itulah kenapa saat kita selesai menangis, kita akan merasa agak baikan.

2. Menangis Membuat Kita Lebih Kreatif
Menangis membuat proses kreatif kita berkembang karena yang kita rasakan adalah emosi yang sebenarnya. Banyak karya besar yang dihasilkan oleh orang-orang yang tadinya mendapat pengalaman emosional yang cukup berat dan dalam. Setelah selesai menangis, pikiran jadi terasa lebih jernih dan beban lebih ringan sehingga berkarya jadi lebih mudah dilakukan.

3. Membunuh Bakteri Berbahaya
Protein bernama Lysozyme yang ada di air mata bisa berfungsi membunuh bakteri. Dalam sebuah penelitian, protein ini terbukti bisa membunuh bakteri di putih telur, daging giling, dan susu. Dalam penelitian tersebut, Lysozyme memecah dinding sel pada bakteri untuk membunuhnya. Setiap kali kita menangis, protein Lysozyme akan dikeluarkan dan membunuh semua bakteri berbahaya di dalam tubuh. Dengan menangis, tubuh kita bisa memulihkan diri dan jadi lebih sehat.

4. Membantu Tubuh untuk Memulihkan Diri
Menangis membuat kita mampu mengekspresikan dan melepaskan rasa sedih dan perasaan tertekan yang kita rasa. Saat air mata bisa membantu mengeluarkan racun dan membunuh bakteri, tubuh memulai prosesnya untuk memulihkan dirinya. Menangis "yang sehat" akan membantu menstabilkan kembali emosi yang dirasa.

Nah, sekarang anda sudah tahu bukan apa saja manfaat dari menangis bagi kesehatan tubuh kita ? maka dari itu mulai dari sekarang jangan pernah lagi mempunyai pikiran bahwa orang-orang yang menangis itu lemah. Karena menangis adalah merupakan cara lain kita didalam mengekspresikan diri. Saat semuanya sudah tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata maka terkadang menangis bisa menjadi alternatifnya. Meskipun bermanfaat tetapi jangan juga terlalu sering menangis ya, itu bisa membuat orang menjadi ilfil kepada kita.



Halaman Berikutnya
loading...

0 Response to "Menangis Bukan Berarti Cengeng, Justru Bagus Untuk Kesehatan. Ini 4 Manfaatnya !"

Post a Comment