Bilang Sama Emak, Jangan Panaskan Ulang 7 Makanan Ini Karena Bisa Menjadi Racun

Makanan yang tidak habis dikonsumsi pada hari ini sering kali disimpan oleh para ibu rumah tangga dan di keesokan harinya kemudian makanan tersebut kembali dipanaskan. Hal ini sudah menjadi kebiasaan umum, bahkan emak saya pun sangat sering melakukan hal tersebut. Karena menurutnya kita tidak boleh membuang-buang makanan karena itu mubazir, selagi makanan tersebut tidak basi maka masih bisa dihangatkan dan dimakan kembali

Meskipun apa yang dikatakan oleh emak ada benarnya, kita tidak boleh mubazir dengan membuang-buang makanan tetapi sepertinya kita tetap harus hati-hati. Karena tidak semua makanan yang boleh dipanaskan, beberapa makanan justru akan menjadi berbahaya apabila dipanaskan berulang-ulang dan menjadi racun apabila dikonsumsi.



Gak percaya ? berikut dibawah ini setidaknya ada 7 makanan yang bisa menjadi racun apabila dipanaskan berulang-ulang.

1. Ayam
Sangat berbahaya jika Anda menghangatkan kembali masakan ayam dan kemudian memakannya. Protein yang ada di dalam ayam akan berubah komposisi. Akibatnya, Anda akan mengalami masalah pencernaan.

Berdasarkan penelitian oleh Dian Sundari dan Almasyhuri dari Pusat Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan dan Astuti Lamid dari Pusat Teknologi Terapan Kesehatan dan Epidemiologi Klinik menyebutkan bahwa; Pemanasan akan membuat protein bahan terdenaturasi sehingga kemampuan mengikat airnya menurun. Hal ini terjadi karena energi panas akan mengakibatkan terputusnya interaksi non-kovalen yang ada pada struktur alami protein tapi tidak memutuskan ikatan kovalennya yang berupa ikatan peptida. Proses ini biasanya berlangsung pada kisaran suhu yang sempit. Seperti hal nya saat kita memanaskan ayam, telur dan jamur.

2. Kentang
Kentang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun jika Anda menyimpan kentang dalam waktu lama, mereka akan kehilangan nilai gizinya. Bahkan kentang juga bisa menyebabkan masalah pencernaan jika Anda menghangatkannya kembali.

3. Jamur
Jamur seharusnya disantap segar dan tak boleh dihangatkan. Komposisi dari protein dari jamur akan berubah apabila dihangatkan sehingga bisa menjadi berbahaya dan beracun apabila dikonsumsi.

4. Telur
Ketika telur dimasak pada suhu tinggi untuk kedua kalinya, meskipun hanya bertujuan untuk menghangatkan, hal ini dapat menyebabkan munculnya kandungan racun dalam telur khususnya bagian kuning telurnya, yang dapat merusak dan mengganggu sistem pencernaan.

5. Bayam
Kalau sayuran hijau yang ini, Anda mungkin sudah tahu. Sayur bayam bisa sangat berbahaya jika dipanaskan. Salah-salah, sayuran ini akan menyebabkan kanker. Kandungan nitrat di dalamnya akan berubah menjadi nitrit ketika dipanaskan. Nitrit inilah yang menyebabkan kanker.

6. Seledri
Kandungan seledri sama seperti bayam. Jika dipanaskan, kandungan nitrit setelah dipanaskan akan berbahaya bagi kesehatan tubuh kita

7. Nasi
Nasi merupakan makanan wajib sehari-hari, karena kandungan karbohidrat dan kalorinya menjadikan sumber energi utama. Namun, ketika kamu memanaskan kembali nasi yang sisa, maka akan menyebabkan pertumbuhan spora dan ketika suhu nasi tersebut mendingin kembali, spora tersebut akan berkembang biak. Spora ini akan menghasilkan bakteri dan kuman yang menyebabkan diare dan muntah-muntah.

Itulah makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali. Bilang sama emak mu, jangan pernah lagi memanaskan makanan tersebut karena berbahaya. Silahkan share artikel ini pada temanmu agar lebih banyak lagi orang yang mengetahui hal ini.



Halaman Berikutnya
loading...

0 Response to "Bilang Sama Emak, Jangan Panaskan Ulang 7 Makanan Ini Karena Bisa Menjadi Racun"

Post a Comment