Masalah Keuangan yang Menyebabkan Pasangan Bercerai

Pernikahan adalah sebuah hal yang didamba-dambakan oleh setiap orang. Pasalnya dengan pernikahan kebahagiaan akan bertambah, karena selalu melihat orang yang kita cintai setiap saat. Tapi didalam pernikahan bukan hanya bahagia dengan orang yang kita cintai, melainkan juga harus bertanggung jawab akan kehidupan pasangan.

Masalah Keuangan yang Menyebabkan Pasangan Bercerai


Saling melengkapi dan saling memberi kebutuhan adalah tugas yang harus diberikan oleh setiap pasangan kepada pasangannya. Terutama suami harus bertanggung jawab memberikan nafkah kepada istri dan sebaliknya istri harus bertanggung jawab penuh untuk melayani suami. Namun terkadang semua itu tidak berjalan sinkron dengan keadaan. Dimana suami istri sering bertengkar tentang permasalahan uang tersebut.

Hal inilah yang seringkali menyebabkan  pertengkaran hebat diantara pasangan sehingga terjadinya perceraian. Nah masalah keuangan yang seperti apa sih yang membuat pasangan acapkali memutuskan bercerai? Yuk kita simak ulasan berikut ini :

1. Uangmu – Uangku
Jika sebelum menikah uangmu- uangku, itu tidak masalah. Tapi yang jadi permasalahan, jika sepasang kekasih memutuskan untuk menikah namun didalam dirumah tangga tetap seperti pada masa pacaran yaitu “uangmu-uangku” maka semua ini tidak akan berjalan dengan baik. Sebab didalam rumah tangga itu dibutuhkan kekompakan antara suami dan istri.

Meskipun istri telah memiliki hasil gaji sendiri, tapi suami harus tetap memberikan bagian gajinya kepada istri. Hal inilah yang membuat kehidupan rumah tangga menjadi tentram. Dan istri pun akan siap melayani dan memenuhi kebutuhan didalam rumah tangga.

Menganggap keuangan rumah tangga sebagai “uang bersama” adalah awal yang baik untuk mencapai target keuangan keluarga. Nah bagi kamu yang belum menikah pelajari tentang hal ini ya, agar rumah tangga yang dibangun kelak langgeng sampai akhir hayat.

2. Tidak ada transparansi
Masalah keuangan yang selanjutnya adalah tidak ada nya transparansi antara pasangan. Selalu menutup-nutupi kemana habisnya uang. Istri selalu mengeluh kehabisan uang, padahal suami sudah memenuhi kebutuhan nafkah dirumah tangganya, tapi selalu kurang. Ketika ditanya mana laporan keuangan, si istri terus menutupi dan banyak alasan untuk menunjukkannya.

Hal inilah yang membuat suami merasa dibohongi oleh istri. Karena tidak adanya transparansi tersebut seringkali membuat pasangan memutuskan untuk bercerai. Nah buat para istri stop untuk berbohong kepada suami. Karena permasalahan uang ini sangat rumit dan bisa mengancam keselamatan rumah tangga anda.

Bersikap transparan terhadap penghasilan dan pengeluaran akan membangun kepercayaan terhadap sebuah hubungan. Sebuah laporan keuangan sederhana untuk pasangan Anda sebenarnya cukup – isinya total jumlah penghasilan per bulan dikurangi pengeluaran. Aman deh rumah tangga.

3. Perbedaan tujuan keuangan
Selain “uangmu-uangku” dan tidak adanya transparansi didalam rumah tangga. Masalah keuangan lainnya yang bisa mengancam keselamatan rumah tangga anda adalah perbedaan tujuaan keuangan. Si suami mau uangnya dialihkan untuk merenovasi rumah dan si istri mau menghabiskan uang tersebut untuk traveling. Hal tersebut terjadi karena istri pecinta traveling dan suami adalah anak rumahan yang enggan menghambur-hamburkan uang.

Nah inilah yang menimbulkan masalah didalam rumah tangga. Seharusnya suami istri harus sama-sama bisa mengatur tujuan keuangan mereka. tapi jika tidak bisa juga maka cobalah untuk memakai jasa seorang perencana keuangan independen agar keuangan tetap aman dan rumah tangga pun tentram. Cara ini sangat efektif dalam menyatukan perbedaan tujuan keuangan antara pasangan.

Nah itulah masalah keuangan yang seringkali menyebabkan pasangan bercerai. Tapi dengan hati yang dingin setiap masalah pasti bisa diselesaikan dengan baik. Jadi ketika anda memiliki masalah-masalah dalam keuangan cobalah untuk berbicara dengan tenang terhadap pasangan. Semua pasti ada jalan, jangan seperti masa pacaran yang bisa putus kapan saja setiap ada masalah. Tetapi rumah tangga harus tetap dipertahankan dengan baik. Semoga bermanfaat.



Halaman Berikutnya
loading...

0 Response to "Masalah Keuangan yang Menyebabkan Pasangan Bercerai"

Post a Comment