Cara Mudah Mengatur Gaji Bulanan Agar Tetap Hemat

Mendapatkan hasil dari pekerjaan yang kita lakukan sendiri itu akan terasa puas dan lebih bangga untuk menikmatinya. Pasalnya setiap uang yang didapat adalah hasil dari keringat sendiri. Ya, siapa sih yang tidak bangga akan hal itu? Bisa mencari uang sendiri dan tanpa harus menyusah kedua orang tua. Tapi yang membuat serba salah adalah, ketika gaji turun pasti ada saja hal yang ingin dibeli.
 
Cara Mudah Mengatur Gaji Bulanan Agar Tetap Hemat


Beli inilah, beli itulah, bahkan ditanggal muda seringkali dimanfaatkan sebagai ajang senang-senang. Padahal semua itu hanyalah godaan yang bisa menghantarkan kamu pada keborosan. Tidak seharusnya gaji ditangal muda langsung habis tanpa ada sisa sedikitpun. Kalau sudah seperti itu, bagaimana dengan masa depan anda? Pasti tidak ada tabungan dong ?

Padahal ada cara mudah untuk menyisihkan sebagian uang agar tak habis dibelanjakan ditangal muda. Nah disini saya mempunyai tips untuk anda agar lebih menghemat gaji ditanggal muda. Caranya sangat mudah, dari pada penasaran yuk simak begini cara menghemat gaji ditanggal muda. Beriukut ulasannya :

1. cek nominal gaji Anda yang ideal
Lakukan pengecekan gaji yang anda terima, perhitungkan berapa lama nya anda bekerja dan sebesar apa gaji yang bisa and aterima nantinya. Ketika anda sudah mengetahui, maa mulailah untuk memanfaatkan situasi untuk menghitung rencana keuangan yang harus anda keluarkan setiap bulan. Jadi ketika gajian anda sudah tahu mau dikemanakan gaji-gaji yanga nda dapatkan.

2. Tentukan Anggaran Masing-Masing Pos
Selain itu anda bisa menentukan anggaran pengeluaran anda. Catatlah anggaran pengeluaran ketika menerima gaji ditanggal muda, dan pisahkan semua pos pengeluaran, mulai dari tabungan, proteksi (asuransi), cicilan, investasi, biaya hidup, sampai pengeluaran pribadi untuk hal-hal darurat. Dengan begitu gaji anda terdeteksi habisnya. Dan dibuku bulanan sudah tertulis jelas bahwa uang anda habis untuk masing-masing pos yang sudah anda rencanakan.

3. Sisihkan 10% Gaji
Nah untuk pengeluaran tabungan tadi, bisa anda sisihkan sebanyak 10% dari gaji. Hal ini agar anda tetap mempunyai simpanan ketika pengeluaran and atak ada henti nya setiap bulan. Memang banyak hal yang akan anda beli, tapi ingatlah menabungkan uang sebesar 10% dari gaji akan membuat anda lebih nyaman dan tidak kehabisan uang. Gaji and apun hemat dan aman.

4. Berdiskusi dengan Manajer Investasi
Diskusikan pengeluaran asuransi dan investasi kepada manajer investasi. Hal ini disarankan agar anda memiliki jaminan sehingga ketika suatu saat anda membutuhkan anda memiliki simpanan di manajer investasi tersebut. Selain itu, lunasi cicilan-cicilan yang ada barulah sisihkan gaji untuk ditabung.

Dengan adanya catatan arus kas yang rinci akan membuatanda lebih disiplin dan bisa menghemat gaji-gaji yanga nda punya setap bulannya. Tanpa harus tergoda membeli ini dan itu.

5. Lakukan Langkah Sederhana
Agar lebih menghemat lagi, anda bisa melakukan pembelanjaan menggunakan kupon diskon atau bisa jadi anda bekerja dengan menggunakan sepeda atau manaiki kendaraan umum. Sebab jika membawa transportasi sendiri akan lebih merepotkan, dan lebih memboroskan uang anda. Jadi hematkanlah segala pemakaian dan fasilitas anda agar uang anda ter manage dengan baik.

Setiap hal yang dilakukan memang dibutuhkan pengorbanan dan catatan yang jelas. Sebab hidup adalah proses panjang yang harus dijalani. Jika anda tidak bisa menghemat gaji bulanan anda, ya saya rasa semua pekerjaan yang anda lakukan akan terasa sia-sia. Sebab disetiap gaji yang diterima habis begitu saja tanpa ada catatan dan pengeluaran yang pasti. hal ini pasti akan membuat anda stres dan bingung harus bagaimana.

Yang terpenting anda harus niat, konsistensi, disiplin, dan motivasi untuk terus menyalurkan gaji ke hal yang lebih bermanfaat dan produktif. Jangan boros lagi ya, karena semua akan membuat peneyesalan didiri anda nantinya. Semoga bermanfaat.



Halaman Berikutnya
loading...

0 Response to "Cara Mudah Mengatur Gaji Bulanan Agar Tetap Hemat"

Post a Comment