Sepuluh Tanda Peringatan Dari Tubuh Manusia Beserta Artinya

loading...
Manusia itu adalah makhluk yang paling sempurna diciptakan oleh Allah dan tubuh manusia juga sebagai mesin yang mengagumkan. Sebab itulah manusia dituntut untuk selalu merawat tubuh agar tetap terjaga dan tetap sehat. Memperhatikan tubuh itu harus seperti memperhatikan pacar, soalnya tubuh juga ingin diperhatikan dan disayang-sayang.
 
Sepuluh Tanda Peringatan Dari Tubuh Manusia Beserta Artinya


Untuk itu kita harus cermat dan mendengar apapun sinyal yang diberikan oleh tubuh kita. Dan kenali hal tersebut sebelum anda terlambat. Nah, inilah sepuluh tanda peringatan dari tubuh  manusia beserta artinya yang harus kamu tahu. Tanda ini dapat mengungkapkan masalah kesehatan anda, berikut ulasannya :

1. Rambut putih sebelum umur 40 tahun
Tanda ini adalah tanda yang mengingatkan anda pada usia yang sudah menginjak tua. Uban akan terjadi pada setiap orang dan memang sangat terpengaruh oleh faktor genetik. Namun jika uban sudah ada ketika anda berusia 30 dan uban tersebut lebih dari 50% maka dikhawatirkan hal ini gejal diabetes. Jadi kenali tanda ini, mana yang uban karena faktor usia, mana uban yang menandakan bahwa sedang memiliki gejala penyakit.

2. Tanda lahir
Tanda yang sering diperingati oleh tubuh salah satunya adalah tanda lahir. Memang tanda lahir ini sudah biasa terjadi pada tubuh manusia. Namun tanda ini ada yang jinak dan ada pula yang ganas. Tanda lahir yang memang dibawa dari lahir bersifat biasa, tetapi tanda yang muncul akibat dari berjemur dibawah sinar matahari bisa mejadi berbahaya. Actinic Keratosis (Solar Keratosis) adalah tanda-tanda matahari yang terjadi akibat eksposur badan manusia yang berkepanjangan pada matahari. Kurang lebih 10% dari Actinic Keratosis kemudian menjadi Sel Karsinoma, precursor terhadap kanker kulit.

3. Perubahan Warna Mata
Mata yang sehat adalah bagian sklera selaput keras dan selaput putih harus selalu putih. Hal ini terjadi karena kurang tidur atau sedag menderita flu. Perubahan warna ini bisa menjadi tanda yang arus kamu tahu. Sklera yang bewarna kuning bisa menunjukan bahwa anda sedang mengidap penyakit kuning, hati atau kandung kemih.

Sedangkan perubahan mata bewarna merah dapat menunjukan bahwa anda mengalami tekanan darah tinggi atau penyakit radang mata. Wow, waspadai tanda ini ya girl agar kamu terhindar dari penyakit.

4. Bibir pecah-pecah
Bibir pecah-pecah memang akan dialami oleh setiap orang. tetapi biasanya hal ini hanya akan terjadi akibat perubahan suhu dan angin. Tetapi bagaimana jika bibir terus terasa kering berkepanjangan? Nah hal inilah tanda yang memperingatkan tubuh anda agar waspada karena bisa jadi hal ini disebabkan oleh infeksi bakteri.

5. Leher yang bengkak
Jika Anda mendapati terdapatnya bagian leher yang bengkak, segera cari pertolongan medis secepat mungkin. Pembengkakan pada bagian depan leher seringkali menjadi pertanda adanya gangguan pada kelenjar tiroid yang jamak dijumpai pada wanita usia 20 hingga 50 tahun. Hati-hati ya ladies.

6. Alis yang rontok
Jika anda menemukan tanda seprti hal ini, berarti anda harus waspada, karena bisa jadi pertanda ini adalah masalah kelenjar tiroid baik itu hipertiroid (kelenjar tiroid yang terlalu aktif) ataupun hipotiroid  (kelenjar tiroid yang kurang aktif). Perubahan-perubahan ini akan diikuti oleh rontoknya rambut.

7.  Telapak tangan merah
Telapak tangan berwarna merah dapat disebabkan karena dermatitis, eczema atau reaksi alergi terhadap logam, obat-obatan, makanan atau minuman. Gejala ini juga dapat menjadi pertanda akibat proses melahirkan yang sulit dan penyakit hati.

8. Perubahan kuku
Perubahan kondisi kuku dapat mengungkapkan banyak hal mengenai kondisi tubuh manusia dan penyebab perubahan-perubahan ini dapat berbeda-beda. Mulai dari tanda warna kuku, kuku tebal, kuku yang pecah. Warna kuku yang sehat seharusnya berwarna pink dan putih dengan bagian seperti bukan sabit berwarna putih pada pangkal kuku.

Kuku berwarna hijau adalah pertanda infeksi bakteri. Garis merah pada kuku dapat diakibatkan oleh problem jantung. Kuku berwarna biru adalah kekurangan oksigen dalam aliran darah. Dan kuku dengan warna kusam adalah pertanda kekurangan vitamin. Kuku putih memperingkatkan kita bahwa terdapat kemungkinan adalah masalah di hati dan bercak gelap pada bagian atas kuku adalah tanda penuaan.

Kuku tebal bukanlah sesuatu yang normal ataupun umum. Jika kuku relatif tebal dibandingkan dengan orang lain, gejala tersebut sering diasosiasikan dengan masalah paru-paru. Kuku yang tebal dan beralur dapat berarti terdapat masalah pada kelenjar tiroid. Dan kuku dengan ketebalan yang tidak wajar sering disebabkan karena sirkulasi pada tubuh yang tidak baik.

Kuku yang sering pecah sering disebabkan karena defisiensi asam folat, vitamin C dan protein. 10 % kasus Psoriasis (penyakit autoimun yang terjadi di kulit) dimulai dengan bercak putih pada pangkal kuku. Kuku yang pecah juga beberapa kali diasosiasikan dengan asupan gizi yang sangat kurang.

9. Kaki yang Dingin
Kaki yang dingin menandakan bahwa tubuh anda sedang mengalami gejala penyakit reynaud. Hal ini disebabkan oleh menyebabkan penyempitan pembuluh pada bagian tubuh seperti tangan dan jari kaki, hidung dan telinga. Pada beberapa kasus, bagian-bagian tersebut dapat menjadi dingin, pucat hingga mati rasa. Nah tanda ini harus anda perhatikan ya girl.

10. Pipi merah
Wajah memang akan berubah ketika seseorang beranjak tua. Mulai dari usia 30-55 tahun umun terjadi dan hal ini juga sering disebabkan oleh perubahan hormonal. Pipi merah juga menjadi tanda penyakit kulit kronis, tetapi penyakit ini belum diketahui penyebabnya.

Nah iulah sepuluh tanda peringatan tubuh manusia beserta artinya. Jadi jangan abaikan jika anda menemukan tanda-tanda yang dikirim tubuh karena bisa jadi hal tersebut menandakan bahwa anda sedang terserang gejala penyakit yang berbahaya. So, perhatikan dan sayangi tubuh anda sebagaiman anda menyayangi pacar anda. Hehe, semoga bermanfaat.
loading...


Halaman Berikutnya

0 Response to "Sepuluh Tanda Peringatan Dari Tubuh Manusia Beserta Artinya"

Post a Comment