Empat Lagu Daerah Indonesia Yang Terkenal Hingga Dunia

loading...
Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak pulau,budaya,suku dan bahasa. Negara Indonesia sebenarnya negara yang sangat kaya, bahkan bisa jadi terkaya di dunia. Ya, itulah julukkan yang sering dikatakan tentang indonesia. Bukan hanya terkenal sebagai negara terkaya, tetapi indonesia juga terkenal dengan Kearifan lokal dan ragam budayanya yang menjadi daya tarik dunia luar.

Empat Lagu Daerah Ini Terkenal Sampai Tingkat Internasional


Salah satunya adalah musik dan lagu daerah. Para bule juga sangat menyukai lagu-lagu yang dimilki oleh negara indonesia ini. Bahkan mereka juga ikut menyanyikan lagu-lagu tersebut. Wow, ternyata lagu indonesia sudah terkenal dimancanegara. Apa saja lagu daerah yang sangat digandrungi oleh para bule? Yuk cari tau, berikut empat lagu daerah yang terkenal sampai tingkat internasional :

1. Soleram
Soleram adalah lagu daerah yang berasal dari Riau ini sangat terkenal diindonesia. Lagu ini sangat merdu dan mendayu-dayu sehingga semua orang yang mendengarnya akan merasa damai dan senang. Namun bukan hanya pada rakyat indonesia, lagu soleram ini juga menggandrungi orang luar negri, bahkan lagu ini katanya dijadikan musik penghantar tidur untuk orang bule disana.

Hal ini bisa terjadi karena lagu daerah soleram memiliki irama yang logis dan mendayu-dayu. Dengan irama yang seperti itu dapat membuat seseorang cepat tertidur. Dan lagu ini juga pernah dinyanyikan dikonser Rony Marton bersama Triobab di ibu kota Praha, Republlik Ceko.

2. Ampar-Ampar Pisang
Lagu ampar-ampar pisang berasal dari daerah kalimantan selatan yang diciptakan oleh Hamiedan AC. Lagu ini tercipta karena rutinitas masyarakat kalsel membuat rimpi yang terbuat dari pisang. Ampar adalah bahasa kalimantan selatan yang berarti susun, kemudian setelah disusun dibiarkan hingga matang. Setelah matang kemudia dijemur agar tekstur pisang mengeras dan memiliki bau yang khas. Sedangkan bari-bari dalam lirik lagu merupakan hewan kecil yang bisa terbang. Kebiasaan hewan ini adalah selalu mengerubuti pisang yang diampar.

Sedangkan maksud dikitip bidawang adalah digigit biawak. Hewan ini yang paling ditakuti anak-anak kecil zaman dahulu. Konon, kata dikitip bidawang itu digunakan untuk menakuti anak-anak yang suka mencuri rimpi yang masih dalam proses penjemuran. Nah, itulah asal mula terciptanya lagu ampar-ampar pisang ini. Lagu ini sudah terkenal dan dinyanyikan oleh bule dimancanegara.

3. Anak Kambing Saya
Siapa sih yag tak kenal dengan lagu daerah yang satu ini? Pasti semua pada tahu, lagu anak kambing saya ini berasal dari derah nusa tenggara timur. Lagu derah ini kini telah membuming di mancanegara. Terbukti murid-murid disekolah musik ryulgok, pyongyang, korea selatan menyanyikan lagu daerah yang satu ini dengan menggunakan bahasa nya. Ketika kunjungan Duta Besar Republik Indonesia beserta staf KBRI beberapa waktu lalu.

4. Potong Bebek Angsa
Potong bebek angsa masak dikuali, itulah sepenggal lirik dari lagu daerah ini. Lagu daerah ini berasal dari nusa tenggara timur. Dan ternyata lagu yang satu ini dinyanyikan di Festival Paduan Suara Internasional Singapura oleh orkestra paduan suara Zechariah Goh. Bukan hanya lagu itu, tapi mereka juga menyanyikan lagu gelang sepatu gelang dari sumatra barat secara sambung menyambung.

Nah itulah empat lagu daerah yang terkenal sampai tingkat internasional. Jadi bagi anda warga indonesia tetap jaga kebudayaan indonesia agar indonesia selalu maju dan berkembang dengan ragam budayanya. Orang bule saja tertarik dnegan lagu ini, masak warga indonesia tidak peduli dengan lagu asal indonesia. Ayo mulai sekarang kita kembangkan kembali lagu-lagu daerah kita, agar tetap jaya. Semoga bermanfaat.

loading...


Halaman Berikutnya

0 Response to "Empat Lagu Daerah Indonesia Yang Terkenal Hingga Dunia"

Post a Comment