5 Penyebab Nyeri Panggul Pada Wanita

loading...
Wanita seringkali melakukan aktivitas didalam rumah dan mengerjakan segala sesuatu kebutuhan didalam rumah tangga. Diluar pekerjaan rumah mungkin seorang wanita juga mempunyai pekerjaan diluar rumah yang bisa menguras semua tenaga mereka. Karena terlalu lelah dan capek seringkali wanita merasakan pegal dibagian pinggul mereka.

5 Penyebab Nyeri Panggul Pada WanitaNamun hal itu sudah biasa terjadi pada wanita, namun bagaimana jika wanita merasakan nyeri yang tak biasa pada pinggulnya? Apa penyebabnya? Yuk kita simak 5 penyebab nyeri panggul yang sering terjadi pada wanita. berikut ulasannya :

1. Kram menstruasi
Inilah salah satu penyebab terjadinya nyeri pinggul pada wanita. kram ini bisa terjadi karena produksi prostaglandin uterus dalam tubuh, jadi setiap menstruasi ataupun sebelum menstruasi biasanya wanita merasakan nyeri yang tak biasa pada pinggulnya. Bukan hanya nyeri pada pinggul tetapi biasanya wanita juga akan merasakan mual,muntah dan diare akibat kram menstruasi ini dan meningkatkan hormon-hormon sehingga wanita akan lebih sensitif.

2. Infeksi panggul yang terjadi di masa lalu
Jika dimasa lalu anda pernah mengalami infeksi pada panggul bisa jadi nyeri itu akan datang lagi, biasanya nyeri itu datangnya pada masa periode ovulasi. Hal ini disebabkan oleh kista kecil yang tumbuh diovarium dan jika mereka meluas maka nyeri pada pinggul tersebut akan kambuh kembali. Untuk menyembuhkan infeksi panggul tersebut anda bisa mengonsumsi pil KB, namun jangan asal-asalan mengonsumsi harus dibawah pengawasan dokter.

3. Fibromyalgia
Nyeri pada punggung bisa jadi disebabkan oleh fibromyalgia. Biasanya wanita yang menderita ini akan merasakan sakit pada pinggul dan daerah sensistif Anda yang sangat ekstrem, selain itu wanita yang mengalami fibromyalgia ini menunjukkan bahwa terjadi masalah pada kandung kemih anda. Dan satu lagi biasanya anda akan terserang insomnia akibat fibromyalgia ini.  Terapakan hidup sehat agar anda tidak mengalami hal tersebut.

4. Ketidakstabilan sendi panggul atau endometriosis
Ketidakstabilan sendi panggul juga menjadi penyebab terjadinya nyeri pada panggul. Saat melahirkan, ligamen wanita akan meregang sehingga bayi bisa keluar. Wanita dengan ketidakstabilan sendi panggul lebih sering menderita ketidaknyamanan di area panggul.
Endometriosis adalah lapisan rahim yang berkembang tepat di luar rahim, yang dapat menyebabkan nyeri panggul yang ekstrem selama periode menstruasi.

5. Sindrom iritasi usus
Nyeri yang terjadi pada pinggul pada wanita biasanya terjadi akibat sindrom iritasi usus. sindrom iritasa ini biasanya sangat menyakitkan dan perut terasa kembung, terjadi setelah makan atau sesudah buang air besar. Untuk mengatasi sakit ini cobalah anda untuk mengunyah makanan pelan-pelan, jangan lupa untuk konsumsi buah dan minum air purih yang banyak setiap harinya. Selain itu jangan banyak mengonsumsi kafein dan alkohol karena itu janya akan memperparah sakitnya.

Nah inilah 5 penyebab nyeri pinggul yang sering dikeluhkan oleh setiap wanita. bukan lantaran ada masalah pada alat reproduksi anda tetapi bagian organ tubuh yang berada didaerah pinggul lah yang menyebabkannya. Sudah tahukan ladies sekarang? Jadi mulai dari sekarang cobalah untuk menjaga kesehatan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.
loading...


Halaman Berikutnya

0 Response to "5 Penyebab Nyeri Panggul Pada Wanita"

Post a Comment