Bukannya Senang, Justru Yahudi Marah Besar Ketika Melihat Karya Seni Ini. Penjelasannya Mengejutkan !!

Ketika pertama kali melihat karya seni kontemporer ini, kira-kira apa yang ada didalam pikiran Anda ? marah, tertawa, senang atau miris. Karya seni yang dibuat oleh seniman Spanyol bernama Eugenio Mirno ini cukup memicu kontroversi yaitu dimana seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini bahwa ada tiga buah patung yang saling menduduki.



Patung yang paling bawah menggambarkan seorang muslim yang sedang bersujud, di diatas punggungnya bersimpuh seorang pendeta kristen yang sedang berdoa dan di atas bahu pendeta itu berdiri seorang rabbi yahudi yang sedang membaca kitab suci Yahudi.

Hasil karya dari seniman Spanyol ini tentu saja mengundang reaksi serta kecaman dari umat islam karena di anggap telah melecehkan umat Islam. Selain umat Islam, seni kontemporer yang berupa patung ini, juga menuai kecaman dari komunitas Yahudi dan kedutaan Israel di Madrid.

Ketika Yahudi ditanya soal ketidaksukaan mereka terhadap patung ini oleh seorang nasrani, ternyata jawaban mereka sangat mengejutkan
"Kenapa anda tidak suka ? Padahal nasrani dan yahudi berada di posisi yang paling atas ?”

Orang Yahudi itu pun menjawab :

"Kalau umat Islam itu bangkit, pasti kita semua akan jatuh."

Selain alasan tersebut, ada juga alasan lain yang membuat yahudi begitu marah dan merasa dilecehkan dengan karya seni ini. Karena tepat disebelah patung terdapat sebuah karya seni lain berupa tempat lilin yang menjadi salah satu lambang atau simbol keimanan bagi agama Yahudi yang dibawahnya terdapat senapan mesin, dan hal ini dianggap sebagai pelecehan terhadap agama Yahudi dan negara Israel.

Karya seni kontroversial ini pertama kali di tampilkan pada sebuah pameran karya seni kontemporer internasional ke 29 yang disebut sebagai "ARCO" di Madrid, Spanyol.

Melihat karyanya mendapatkan banyak kecaman, Mirno mengatakan bahwa dirinya tidak bermaksud untuk melecehkan agama-agama, sebagai seniman dalam karya seninya tersebut ia ingin menggambarkan ketiga agama besar yang eksis di dunia yang sama-sama berusaha mencapai Tuhan, katanya kepada media.

Patung tersebut oleh penyelenggara pameran dijual seharga 50 ribu euro.

Komunitas muslim di Madrid telah menyatakan keberatan mereka atas keberadaan patung itu, setelah mereka melihat foto-foto yang menampilkan patung tersebut.


Halaman Berikutnya

0 Response to "Bukannya Senang, Justru Yahudi Marah Besar Ketika Melihat Karya Seni Ini. Penjelasannya Mengejutkan !!"

Post a Comment