Inilah 10 manfaat Luar Biasa Bagi Orang Yang Bersyukur

Apakah anda sudah bersyukur hari ini ? pertanyaan sederhana ini terkadang sangat sulit untuk dijawab karena memang sebagian manusia seringkali melupakan kenikmatan yang telah dilimpahkan oleh sang pencipta kepada mereka sehingga banyak orang yang tidak menyadari dan jarang mensyukuri nikmat tersebut. Padahal bersyukur memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi manusia tersebut termasuk bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Mungkin anda bertanya-tanya didalam hati, apa benar bersyukur itu menyehatkan ? ya tentu saja, karena manusia yang bersyukur hidupnya akan tenang dan damai. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita simak tulisan dibawah ini mengenai 10 manfaat luar biasa bagi orang yang bersyukur.

Inilah 10 manfaat Luar Biasa Bagi Orang Yang Bersyukur

1. Menjaga kesehatan mental remaja
Seseorang yang memiliki rasa syukur biasaya akan hidup lebih bahagia tanpa adanya rasa iri sehingga hal ini akan membuat jiwa orang tersebut selalu sehat karena mereka selalu berpikiran positif.

Rasa syukur seharusnya sudah ditanamkan sejak masih kecil karena pada usia tersebut adalah masa dimana pembentukan karakter sehingga kebiasaan baik ini akan selalu terbawa ketika dewasa nanti. "Lebih pandai bersyukur mungkin adalah hal yang diperlukan oleh masyarakat kita untuk menumbuhkan generasi yang siap membuat perbedaan pada dunia," kata peneliti Giacomo Bono, PhD, seorang profesor psikologi dari California State University.

2. Meningkatkan kesejahteraan
Benarkah bersyukur bisa meningkatkan kesehatan ? jawabannya iya, rasa syukur akan membuat pandangan hidup seseorang lebih cerah sehingga akan memunculkan hal-hal positif yang bisa berdampak baik bagi orang tersebut kedepannya.

Hal ini sesuai dengan hasil studi yang dipublikasikan oleh Journal of Personality and Social Psychology pada tahun 2003, dimana studi tersebut mengatakan bahwa seseorang yang rajin bersyukur akan mendorong kesejateraan mereka.

3. Nilai akademis yang lebih baik
Apa hubungan syukur dengan nilai akademis ? jika dilihat sekilas memang tidak ada hubungannya, tetapi tahukah anda ternyata seseorang yang rajin bersyukur bisa mempengaruhi nilai akademis mereka. Selan itu seseorang yang bersyukur juga akan lebih baik dalam hal integrasi sosial dan kepuasan terhadap hidup daripada rekan-rekan mereka yang kurang bersyukur.

Bahkan penelitian mengatakan bahwa remaja yang selalu bersyukur jarang mengalami depresi. "Lagipula jika dikombinasikan dengan studi sebelumnya, penggambaran manfaat rasa syukur itu lebih jelas terlihat saat remaja," ungkap peneliti.

4. Menjadi teman yang lebih baik bagi orang lain
Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2003 dam dipublikasikan dalam Journal of Personality and Social Psychology, mengatakan bahwa rasa syukur juga dilaporkan dapat mendorong perilaku sosial yang positif pada seseorang.

Nah, hal inilah yang membuat seseorang mempunyai nilai lebih sehingga memiliki banyak teman karena mereka suka menolong orang lain.

5. Tidur lebih nyenyak
Apakah anda sulit tidur dimalam hari ? jika iya maka tidak usah repot-repot mengkonsumsi obat karena cukup dengan bersyukur maka andapun bisa tidur dengan nyenyak setiap malam. Bersyukur sebelum tidur akan membuat beban anda menjadi hilang sehingga pikiran menjadi rileks.

Secara spesifik, peneliti menemukan bahwa ketika seseorang menghabiskan waktu 15 menit untuk menuangkan segala hal yang mereka syukuri ke dalam sebuah jurnal sebelum tidur maka orang yang bersangkutan akan lebih cepat tertidur dan tidur lebih lama.

6. Memperkuat hubungan dengan pasangan
Sebuah studi yang ditampilkan dalam jurnal Personal Relationship mengungkapkan bahwa mensyukuri setiap hal terkecil yang dilakukan pasangan membuat hubungan seseorang dengan pasangannya dijamin akan lebih kuat. Sama halnya jika Anda membuat jurnal tentang segala hal yang Anda syukuri dari pasangan karena hal itu juga akan memberikan dampak positif bagi hubungan.

7. Menjaga kesehatan jantung
Jantung merupakan organ vital bagi manusia sehingga harus benar-benar dijaga kesehatannya agar kita tetap bisa menikmati hidup yang indah ini. Nah, selain mengkonsumsi makanan dan berolahraga ternyata hanya dengan bersyukur kita juga telah menjaga kesehatan jantung.

Pada tahun 1995, sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Cardiology menunjukkan bahwa apresiasi dan emosi positif dapat dikaitkan dengan perubahan variabilitas detak jantung. Hal ini dianggap bermanfaat dalam terapi pengobatan hipertensi dan mengurangi kemungkinan kematian mendadak pada pasien gagal jantung kongestif dan penyakit jantung koroner.

8. Memperkuat moral tim
Semua orang sudah pasti memiliki sifat yang berbeda-beda antara satu sama lain sehingga tak jarang banyak kita lihat orang yang bekerja secara berkelompak atau tim mengalami perpecahan karena beda pendapat dan ego masing-masing.

Namun ternyata untuk menjaga kekompakan tim tidak hanya dibutuhkan pemikiran yang sama tetapi harus memiliki rasa syukur maka sebuah tim akan selalu kompak, termasuk kepuasan terhadap kinerja timnya.

9. Sistem kekebalan yang lebih sehat
Seseorang yang selalu bersyukur biasanya jarang sakit karena sistem kekebalan tubuh merek lebih kuat. Sifat dan pemikiran yang positif merupakan salah satu hal yang mendorong kuatnya sistem kekebalan orang tersebut.

Bahkan hal ini telah dibuktikan oleh sebuah studi dari University of Utah yang menunjukkan bahwa mahasiswa jurusan hukum yang stres namun tetap optimis terbukti memiliki lebih banyak sel-sel darah yang meningkatkan kesehatan sistem kekebalan ketimbang rekan-rekan mereka yang pesimis.

10. Mencegah emosi negatif akibat datangnya musibah
Siapa sih yang mau terkena musibah ? saya rasa semua orang berharap terhindar dari musibah. Nah disinilah pentingnya kita memiliki rasa syukur, hal ini akan menjauhkan kita dari sesuatu yang negatif apabila sedang terkena musibah. Selain itu, rasa syukur akan menjauhkan anda dari stres akibat musibah tersebut.

Itulah 10 manfaat luar biasa bagi orang yang bersyukur. So, jangan lupa bersyukur karena begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan.



Halaman Berikutnya
loading...

0 Response to "Inilah 10 manfaat Luar Biasa Bagi Orang Yang Bersyukur"

Post a Comment