5 Resiko Yang Timbul Akibat Memencet Jerawat

Apakah anda pernah memencet jerawat ? jika iya maka sebaiknya mulai saat ini jangan dilakukan lagi karena hal ini tanpa anda sadari bisa membahayakan dan berdampak negatif bagi diri anda sendiri. Usahakan untuk menahan diri agar tidak memencet jerawat yang timbul di kulit wajah anda dan biarkan saja hingga ia pecah sendiri.

Tak banyak orang yang mengetahui resiko yang timbul akibat memencet jerawat ini sehingga mereka selalu melakukan hal ini dengan tujuan agar mempercepat hilangnya jerawat. Padahal tangan yang tidak steril ketika memencet jerawat bisa menyebabkan berbagai masalah lainya pada kulit anda, bahkan memencet jerawat bisa menyebabkan kematian. Tidak percaya ? mari kita simak 5 resiko yang timbul akibat memencet jerawat dibawah ini.

5 Resiko Yang Timbul Akibat Memencet Jerawat

1. Iritasi
Memencet jerawat memang cara cepat untuk mengempeskan jerawat namun perbaikan ini hanya bersifat sementara karena memencet dan meremas jerawat hanya akan memperparah jerawat yang ada pada wajah anda. Menurut laporan Georgetown University Health Education Services, memencet jerawat bisa menyebabkan jerawat akan muncul kembali bahkan bisa menyebabkan iritas, kemerahan dan meninggalkan bekas yang sulit hilang.

2. Perdarahan
Resiko memencet jerawat yang kedua adalah perdarahan, dimana hal ini disebabkan karena pori-pori yang tersumbat akan terbuka dan sangat rentan untuk dimasuki bakteri pada kulit. Walaupun sel darah putih bisa memerangi bakteri tersebut tetapi pori-pori anda akan kembali tersumbat dan meradang hingga memunculkan pembengkakan dan darah kering yang membuat jerawat akan lebih terlihat daripada sebelumnya.

3. Infeksi
Memencet jerawat menggunakan tangan yang tidak steril tanpa disadari hanya akan menimbulkan masalah baru pada kulit anda yaitu salah satunya akan membuat infeksi. Menurut Kidshealth, ketika kita memencet jerawat maka akan membuat bakteri masuk lebih dalam ke kulit anda. Hal ini akan menyebabkan infreksi pada pori-pori anda.

4. Jaringan parut dan bekas luka
Selain masalah diatas ternyata memencet jerawat juga bisa menimbulkan jaringan parut dan bekas lukan pada wajah anda yang akan sulit hilang. Selain itu jaringan sekitar pori-pori yang terluka akan merusak kulit secara permanen, hal ini terutama berlaku pada lesi jerawat yang bermasalah, seperti papula, pustula, nodul dan kista, yang semuanya bisa sangat menyakitkan. 

5. Kematian
Kematian ? mungkin anda akan tertawa geli mendengar hal ini, mana mungkin jerawat bisa menyebabkan kematian. Jika anda masih tertawa sebaiknya hentikan dan mulailah baca tulisan ini. 

Segitiga Kematian Pada Wajah

Pada wajah terdapat area yang dinamakan segitiga kematian, pada area tersebut terdapat saraf-saraf yang penting. Nah, apabila jerawat anda muncul pada area ini dan tanpa disadari anda memencetnya maka resiko yang anda terima akan mengakibatkan kematian.

Itulah 5 resiko yang timbul akibat memencet jerawat. Bagaiamana setelah membaca artikel diatas, apakah anda masih mau Memencet jerawat ?



Halaman Berikutnya
loading...

0 Response to "5 Resiko Yang Timbul Akibat Memencet Jerawat "

Post a Comment