Selamatkan Ginjal Anda Dengan 8 Langkah Mudah Ini

Memiliki ginjal yang sehat tentu saja impian setiap orang karena organ yang satu ini sangat vital bagi manusia sehingga harus benar-benar di jaga kesehatannya agar tidak menyesal nantinya. Nah, biasanya selain melakukan pola makan dan hidup yang sehat ternyata 8 langkah ini juga bisa membantu untuk menyelamatkan ginjal anda.

Selamatkan Ginjal Anda Dengan 8 Langkah Mudah Ini

Penasaran apa saja 8 Langkah mudah untuk selamatkan ginjal anda ? yuk mari kita simak tulisan dibawah ini.

1. Tetap Aktif Dan Berolahraga
Teteap aktif dan berolahraga merupakan kunci awal untuk membuat tubuh menjadi sehat sehingga luangkan waktu anda untuk berolahraga setidaknya 30 menit sehari agar tubuh selalu bugar dan peredaran darah menjadi lancar. Seperti yang kita ketahui bahwa kurang olahraga bisa menyebabkan seseorang terserang berbagai penyakit salah satunya adalah diabetes yang juga penyebab terbesar gagal ginjal kronik.

2. Perhatikan Kadar Gula Darah
Kadar gula darah yang tinggi didalam darah akan membuat anda beresiko mengalami penyakit diabetes. Nah, penyakit ini mampu merusak pembuluh sehingga akan menggangu kesehatan organ lainnya salah satunya adalah ginjal. Untuk itu usahakan untuk selalu memperhatikan makanan dan selalu mengecek kadar gulan anda secara berkala agar terhindar dari penyakit yang mematikan tersebut.

3. Ukur Tekanan Darah Anda secara Rutin!
Perhatikan tekanan darah anda, jangan biarkan terlalu rendah atau terlalu tinggi karena hal ini akan mempengaruhi kesehatan anda. Khususnya untuk orang yang bertekanan darah tinggi harus berhati-hati dan waspada karena apabila dibiarkan tanpa penanganan maka bisa menyebabkan anda mengalami gagal ginjal. Untuk itu ukurlah tekanan darah anda secara berkala dan lakukan pola hidup yang sehat agar tekanan darah anda selalu normal.

4. Makanan Sehat
Makanan juga bisa mempengaruhi kesehatan ginjal anda, untuk itu usahakan selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dengan buah-buahan, sayur dan serat yang cukup setiap hari. Makan yang terlalu banyak akan membuat seseorang menjadi obesitas sehingga memudahkan orang tersebut terserang penyakit diabetes militus dan akhirnya berpotensi akan merusak ginjal.

5. Cukup Minum
Tubuh manusia terdiri dari air sehingga setiap hari kita harus memenuhi tubuh dengan asupan cairan yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi. Kurang minum tidak hanya menyebabkan seseorang menjadi dehidrasi tetapi juga bisa menggangu kesehatan ginjal anda. Untuk itu kita dianjurkan mengkonsumsi 1,5 liter air sehari.

6. Berhenti Merokok
Rokok adalah pembunuh pembuluh nomer wahid. Karena pembuluh di dalam ginjal bertanggungjawab menyaring zat beracun, rokok tidak cuma merusak pembuluh tetapi juga membunuh ginjal anda.

7. Hindari Pain Killer!
Mengkonsumsi obat-obatan “Paint Killer” atau obat penahan rasa sakit yang berlebihan tanpa resep dokter juga bisa membuat kesehatan ginjal anda terganggu. Untuk itu sebelum mengkonsumsi obat-obatan maka konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, apalagi anda sudah mempunyai riwayat penyakit ginjal maka tentu saja ini sangat berbahaya bagi ginjal.

8. Periksakan Ginjal Anda Secara Rutin
Dan langkah yang terakhir untuk menyelamatkan ginjal anda dari masalah adalah dengan rutin memeriksakannya kepada dokter.

Baca Juga :

  1. 6 Gejala Pada Tubuh Yang Bisa Menjadi Indikator Kesehatan Ginjal
  2. Inilah Jus Buah Yang Ampuh Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Itulah 8 langkah mudah untuk menyelamatkan ginjal anda. Bagaimana mudah bukan ?


Halaman Berikutnya

0 Response to "Selamatkan Ginjal Anda Dengan 8 Langkah Mudah Ini"

Post a Comment