Ini Lima Alasan Mengapa Harga Tanah Makin Naik

loading...
Tanah adalah investasi yang paling baik untuk masa depan, sebab tanah mempunyai nilai jual yang sangat tinggi dari tahun-ketahun. Sebab itulah setiap orang berlomba untuk membeli tanah agar bisa menjadi investasi harta mereka dimasa depan. Namun di jaman sekarang harga tanah sudah melonjak sehingga orang yang ingin membeli tanah harus merogo kocek yang tebal agar dapat memilikinya.

Ini Lima Alasan Mengapa Harga Tanah Makin Naik


Memang hal ini membuat semua orang menjadi pusing tujuh keliling, tetapi hal ini sepertinya sangat mudah dibeli oleh orang yang memiliki kocek lebih seperti developer properti. Mereka bisa mengeluarkan uangnya untuk mendapatkan tanah yang saat ini nilai jualnya sangat melonjak. Harga tanah yang melonjak naik disebabkan oleh beberapa faktor.

Pasalnya harga tanah mahal karena faktor tunggal, formula untuk menghitung harga pasti dan NJOP (Nilai Jual Objek Pajak).  Nilai jual yang mahal biasanya ditentukan oleh lokasi tanah yang strategis. Nah daripada penasaran, yuk simak apa yang menyebabkan tanah menjadi kian mahal? Ini dia lima alasan yang harus anda ketahui :

1. Harga tanah strategis
Letak tanah yang strategis menjadi pemicu utama naiknya harga tanah. Sebab orang akan banyak tertarik jika lokasi tanah berada dipinggir jalan misalnya, di pusat kota, ditengah masyarakat luas. Hal ini akan membuat nilai jual tanah semakin melejit. Sebab diposisi tanah yang seperti itu membuat orang gampang berinteraksi dan sangat dekat dengan pusat pemerintahan dan ladang bisnis. 

Selain itu yang membuat tanah menjadi mahal karena lingkungan yang bagus dan bisa membuat oranglain lebih bisa bersosialisasi. 

2. Penguasaan tanah oleh beberapa pihak
Pihak-pihak tertentu seperti para pengembang, investor serta kumpulan pemilik modal adalah menjadi salah satu alasan mengapa tanah bisa meraup untung yang berkali lipat. Mereka bisa membeli lahan dalam skala ribuan hektare kemudian diolah dan dijual kembali. Semakin banyak pengembang dan investor yang melakukan hal ini maka harga tanah akan terus meningkat. 

3. Meningkatnya permintaan properti
Dengan meningkatnya permintaan pembangunan properti seperti rumah, jelas akan menjadi salah satu faktor penyebab harga tanah naik. Permintaan properti yang melaju kencang ini turut ditunjang oleh pertumbuhan ekonomi yang membaik dan meningkatnya investasi dalam sektor ini. Harga tanah dijakarta melonjak naik hingga 3 juta permeter. Bayangin aja semeter 3 juta bagaimana jika properti yang diminta seluas 50 meter? Pasti anda sudah tau jawabannya.

4. Keberadaan benda-benda di atas tanah
Tanah yang sudah dibangun menjadi rumah atau ditanam tanaman juga menjadi nilai jual yang tinggi. Inilah faktor yang menjadi penyebab mahalnya harga tanah dari tahun ketahun.  Dengan adanya tanaman produktif dan ekonomis seperti kelapa, karet, kopi, cokelat hingga sawit mumpuni meningkatkan harga tanah. Apalagi jika tanaman tersebut bisa dibudidayakan dan menghasilkan keuntungan pula. Ya jadi deh mendapatkan untuk yang banyak. 

5. Tingginya biaya pematangan lahan
Tingginya biaya pematangan lahan juga menjadi pemicu mahalnya harga tanah.Harga tanah yang melejit terpacu karena rumitnya pengurusan dan perizinan di belakang. Ada biaya-biaya lain yang ikut melekat saat mengurus pematangan lahan. Jadi jela saja penjualan tanah bisa melonjak mahal. 

Itulah lima alasan mengapa harga tanah tiap tahun semakin naik hal ini disebabkan oleh faktor diatas. Jadi jika anda ingin membeli tanah sekarang selamat menyiapkan uang yang tebal untuk mendapatkan tanah tersebut. Tapi jika anda merasa mempunyai kocek yang lebih apasalah nya untuk membeli tanah. Hal ini akan berguna untuk ada dimasa yang akan datang. Sebab investasi melalui tanah tidak akan membuat anda rugi malah untung. Semoga bermanfaat.

loading...


Halaman Berikutnya

0 Response to "Ini Lima Alasan Mengapa Harga Tanah Makin Naik"

Post a Comment